Dari 51.843 KPM PKH, 2.113 Tergraduasi Alami

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) TERGRADUASI: 2.667 kelompok penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) tidak memenuhi syarat sebagai penerima.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN  -Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan mencatat ada 51.843 kelompok penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI). Dari jumlah tersebut, ada 2.667 KPM yang tergraduasi sebab tidak memenuhi syarat sebagai penerima.

Koordinator Kabupaten (Korkab) Pendamping PKH Pamekasan Hanafi mengunngkapkan, tergraduasinya 2.667 KPM itu berasal dari graduasi alamiah 2.113 KPM, lansia 11 KPM, dan graduasi mandiri sebanyak 543 KPM.

Bacaan Lainnya

“Misalnya yang kemarin mempunyai anak SMA, kemudian lulus, hanya satu yang masuk kategori, walaupun masih miskin, dia keluar, atau anaknya yang seharusnya alih jenjang SMP ke SMA tidak melanjutkan karena terpengaruh ekonomi dan semacamnya, itu yang tergraduasi, Jadi graduasi tahap IV ini yang banyak adalah graduasi secara alami,” paparnya, Minggu (15/8/2021).

Ia menjelaskan, yang tergraduasi secara alamiah, bantuan pangan non tunai (BPNT)-nya tidak dinonaktifkan, sehingga tetap bisa menerima bantuan dari pemerintah, jika masih memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan, sebab bantuan yang diberikan mempunyai kualifikasi secara khusus.

“Kami harus fahamkan bahwa PKH itu bantuan sosial bersyarat, ada 3 komponen; kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial,” ulasnya.

Hanafi memaparkan, tahapan pencairan dari PKH sudah sampai pada tahap 3 dengan jumlah total pembayaran sebesar Rp33,97 miliar, dengan pembayaran teratas yaitu di Kecamatan Proppo, dengan total pembayaran berkisar Rp5 miliar lebih, sedangkan pembayaran terendah yaitu di Kecamatan Galis. (rul/maf)

Seputar KPM PKH di Pamekasan

  • Total KPM PKH: 51.843
  • Total graduasi : 2.667
  • Graduasi alamiah: 2.113
  • Graduasi mandiri: 543
  • Graduasi lansia: 11 KPM
  • Tahapan pencarian memasuki tahapan ke-3
  • Jumlah total pembayaran: 972.350.000

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *