dari Ketua DKC Gerakan Pramuka Sumenep, Menggagas Beberapa Unit Usaha Sembari Mengkader Anggota

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) MUHAMMAD RAMLI: Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Sumenep.

KABARMADURA.ID – Sosok satu ini bisa menjadi inspirasi bagi warga Sumenep, bahkan Madura pada umumnya. Namanya Muhammad Romli, sosok yang dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul dan pantang menyerah dalam menggapai impiannya. Pantas saja, jika  saat ini ia dipercaya untuk menjadi Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Sumenep.

IMAM MAHDI, Sumenep

Ramli mulai menjadi aktivis pramuka sejak di bangku perkuliahan. Bahkan, selama menjabat sebagai Ketua DKC Gerakan Pramuka Sumenep, banyak prestasi gemilang yang ditorehkannya.

Beberapa pencapaiannya yaitu peningkatan kuantitas Dewan Kerja Ranting (DKR) di setiap kecamatan dari 5 DKR menjadi 11 DKR, dari tahun 2017-2019, peningkatan kuantitas DKR dari 11 DKR menjadi 21 DKR, dari tahun 2019-2021. Selain itu, DKC Gerakan Pramuka Sumenep juga rutin mengadakan program kaderisasi DKR dan KPDK (Kursus Pengelolaan Dewan Kerja) dan LPK (Latihan Pengembangan Kepemimpinan) setiap tahunnya.

“Selain kantor di kwartir cabang, DKC Sumenep menggagas Rumah Penegak Pandega sebagai tempat tinggal dan tempat belajar para Penegak Pandega yang ada di Sumenep, dimulai tahun 2019-sekarang,” katanya, Kamis (5/8/2021)

Ramli juga sebagai penggagas pertama berdirinya beberapa unit usaha untuk Penegak Pandega, seperti Scoutlight (konveksi kaos), Kedai Pramuka, Dekaceshop (usaha jual aksesoris secara online), Chatering Nyaman Onggu, dimulai tahun 2020 – sekarang.

Selanjutnya, pria kelahiran Sumenep, 28 Januari 1997 itu juga aktif membantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19. Semisal dengan melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian sembako, masker, penjagaan perbatasan, dan sebagainya.

“Prinsip saya hidup hanya sekali, maka harus berarti,” pungkasnya. (imd/maf)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *