Dari Puluhan Jalur di Sumenep Hanya Satu Jalur MPU Diminati Penumpang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) MELINTAS: Trayek angkutan sedang mengangkut penumpang menuju Kalianget, Kabupaten Sumenep

KABARMADURA.ID, SUMENEP –Trayek angkutan pedesaan mulai digerakkan. Mayoritas angkutan, berasal dari Sumenep menuju Kalianget. Jumlah penumpang dalam setiap harinya, antara 10 hingga 12 penumpang.

Kepala seksi (Kasi), Angkutan Dalam Trayek Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Farid Cahyadi mengatakan, dengan digerakkannya trayek tersebut , saat ini berjalan meski belum maksimal. “Angkutan paling banyak di daerah Sumenep kalianget,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, untuk jalur lainya, masih tidak ada penumpang. Sebab, plat hitam menjadi penghambat trayek angkutan umum khusus pedesaan. Sekitar, 50 plat hitam yang berkeliaran di Sumenep.

Dia mengakui, hingga saat ini pemerintah tidak mampu mengantisipasi beroperasinya kendaraan plat hitam. “Kami masih mengevaluasi hal tersebut,” paparnya.

Dirinya mengaku, maraknya MPU plat hitam, sudah dilakukan operasi gabungan setiap 3 bulan. Namun, hingga saat ini yang teratasi atau yang merubah ke plat kuning, kurang lebih 10 MPU. Yakni, dari bulan Januari hingga Oktober tahun 2020. “Sosialisasi akan terus digenjot,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan Sarana Dishub Kabupaten Sumenep, Moh. Toyyib mengutarakan, akibat tidak adanya penumpang pada angkutan umum, akhirnya lesu serta enggan masuk terminal. Bahkan, ketersediaan terminal terkesan terbengkalai alias tidak dipakai.

Selain itu, banyaknya angkutan plat hitam yang mengganggu persoalan angkutan umum. Kedepan, akan lebih serius untuk menanggulangi masalah tersebut. Dirinya mengaku, bakal meningkatkan kinerja angkutan umum. Sehingga, orang bisa merasa enak di angkutan umum.

“Saya akan mencari solusi dan referensi- referensi dan saat ini mulai direncanakan,”  janjinya. (imd/ito)

Jaringan trayek angkutan Pedesaan di Kabupaten Sumenep diantatanya:

Lenteng Ganding-Guluk-guluk_Parenduen, Sumenep_Lenteng_Ganding, Sumenep_Kalianget, Sumenep_Rubaru_Ambunten,Sumenep_Manding_Dasuk_Ambunten Pasongsongan, Sumenep_Gapura_Batang-Batang,Sumenep_Batu Putih,Sumenep_Gapura_Dungkek,Sumenep_Sarongi_Tanjung, Sumenep_Saronggi_Aengbaja_Moncek

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *