Darurat, Jalan Ambles di Bangkalan Dianggarkan Rp250 Juta

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) TIDAK BISA DILEWATI: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron yang meninjau lokasi longsor beberapa waktu lalu

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Amblesnya jalan di Pakaan Dajah – Batu Koceng akibat longsor beberapa waktu lalu mulai diperbaiki. Pemerintah Kabupaten Bangkalan mengalokasikan anggaran perbaikan sebesar Rp250 juta. Anggaran tersebut diambilkan dari belanja tidak terduga (BTT).

Kepala bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bangkalan Guntur Setiadi menuturkan, kerusakan jalan tersebut merupakan bencana alam dan harus sesegera mungkin dikerjakan. Karena merupakan dari bencana, maka anggaran tidak masuk dalam APBD 2021. Sehingga, harus diambilkan dari BTT.

Bacaan Lainnya

“Itu hanya estimasi saja, angka itu baru perkiraan, setelah kami melihat kondisi jalan beberapa waktu lalu,” terangnya.

Masih menurut Guntur, pengerjaan perbaikan jalan penghubung tiga kecamatan. Tiga kecamatan tersebut yakni Galis, Konang dan Geger. Dimana itu berbeda dengan pengerjaan jalan yang sifatnya kontraktual, karena jalan tersebut darurat bencana.

“Kalau kontraktual itu kan ada anggarannya, kalau bencana tidak ada,” jelasnya.

Sistem pengerjaannya kontraktual sendiri, Guntur menjelaskan, dari pihaknya menunjuk rekanan untuk segera dikerjakan dan sifatnya kontrak sesuai anggaran yang disediakan. Karena sifatnya bencana, tidak menunjuk pihak ketiga.

“Kalau perbaikan jalan ini dikerjakan dulu baru dihitung biaya yang dihabiskan,” tuturnya.

Dia juga mengatakan, pengerjaan perbaikan jalan tersebut sudah mulai dilaksanakan. Pihaknya juga sudah membuat jalan alternatif untuk dilewati sementara. Agar masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Diketahui, akses jalan yang rusak akibat longsor itu sepanjang 30 meter. Kemudian pemasangan tebing penahan jalan sepanjang 50 meter. Sementara itu jalan alternatif yang dibangun sepanjang 40 meter.

“Jalan alternatifnya sudah selesai, sekarang sudah dalam tahap pembuatan tebing penahan jalan utama,” tuturnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas PUPR Bangkalan, Ishak Sudibyo mengatakan, kerusakan yang terjadi adalah sepanjang 45 meter, kedalaman 3 meter dan lebar 4 meter. Sementara untuk rencana perbaikannya akan dilakukan TPJ konstruksi pasangan batu kali dengan pondasi strous panjang 50 meter dengan kedalaman 3 meter.

“Kemudian urugan bedel kurang lebih 175 M3, telford, lapen dan drainase tepi jalan,” pungkasnya. (ina/mam).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *