Data Belum Sinkron,  82 PAUD Tidak Dapat BOP 2021

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) DATA BELUM SINKRON: 82 lembaga pendidikan tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak bisa mendapatkan bantuan operasional pendidikan (BOP) tahun 2021.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mencatat dari 963 pendidikan anak usia dini (PAUD), 82 lembaga di antaranya tidak memperoleh bantuan operasional pendidikan (BOP). Penyebabnya adalah data pokok pendidikan (Dapodik) yang tidak sinkron.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD Disdikbud Pamekasan Amir Sarifuddin mengungkapkan, sebanyak 881 lembaga yang menerima BOP dengan total anggaran sebesar Rp8,05 miliar yang sudah tersalurkan kepada rekening masing-masing masing penerima.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah sudah tersalurkan kepada lembaga penerima, dan lancar-lancar saja, tidak ada masalah,” paparnya, Rabu (11/8/2021).

Kendati begitu, ada 82 lembaga yang tidak bisa mendapatkan BOP, sebab masih belum mampu menuntaskan sinkronisasi dapodik lembaganya.

“Pemerolehan BOP dihitung dari total jumlah siswa. Ada yang tidak sinkron dapodiknya karena siswanya kurang, minimalnya  9 siswa, kalau berkurang, tidak sinkron dapodiknya,” ulasnya.

Sementara itu, pencairan BOP terbagi menjadi 2 tahapan dalam setahun. Setiap siswa mendapatkan Rp600 per tahunnya. Pada tahun ini, menurutnya, meskipun izin lembaga pendidikannya tidak selesai, tapi dapodiknya sinkron, maka tetap bisa menerima BOP.

“Saya dulu sudah perjanjian, yaitu bagi izinnya yang belum selesai, mereka sudah tidak berhak untuk menerima. Akhirnya dikurangi satu atau dua, sesuai sejauh mana mengurus izinnya, sesuai dengan ketersediaan dana yang ditransfer oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Ditegaskannya, dengan adanya BOP yang dikucurkan bisa menambah motivasi pengelola pendidikan dan peserta didik, sehingga kualitas pendidikan semakin membaik.

“Semoga pendidikan di Pamekasan semakin bertambah baik,” tukasnya. (rul/maf)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *