Data Penerima BPNT Belum Final

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/SUMENEP-Penerima Bantuan Pangan  Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Sumenep sampai saat ini masih belum final jumlahnya. Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sumenep Ach. Zaini menjelaskan, untuk sementara penerima BPNT adalah sebanyak 128. 016 keluarga penerima manfaat (KPM).

Akan tetapi, di sisi lain ia menegaskan, data tersebut masih belum final karena masih butuh diverifikasi lagi, takut ada kesalahan data, data tidak sama, dan berbagai kemungkinan lain.

Penetapan itu, tambah Zaini, berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Saat ini, program BPNT masih tahap sosialisasi kepada KPM.

BPNT ini merupakan reinkarnasi dari program beras sejahtera (rastra) yang biasanya diberikan berasnya secara langsung kepada KPM, namun sekarang beralih dalam bentuk uang. KPM mendapatkan uang sebesar Rp110. 000.

KPM program BPNT nantinya akan diberi kartu supaya bisa dimanfaatkan. Kartu tersebut nantinya bisa digesek di toko-toko atau warung-warung yang bekerja sama atau yang dibentuk oleh bank untuk memfalisitasi BPNT.

“Kalau yang dari unsur PKH, kartunya sama. Tidak ada kartu lagi, kartunya yang satu itu,” tegas Zaini, Kamis (5/9).

Dengan menggunakan kartu seperti ini, uang akan langsung ditransfer oleh pihak pusat ke nomor rekening yang bersangkutan. Jika ada yang rangkap dengan penerima program keluarga harapan (PKH), menurut Zaini, nanti uangnya akan langsung bertambah, uang PKH dan BPNT. Dengan BPNT ini diharapkan lebih tepat sasaran ke tangan penerima bantuan. (mad/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *