oleh

DD di Pamekasan Tahun 2020 Dipastikan Meningkat

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan menyebut, besaran Dana Desa (DD) untuk 178 desa di wilayahnya akan bertambah pada tahun 2020 mendatang. Bahkan, penambahan besaran DD itu cukup signifikan, dari Rp198 miliar DD pada tahun 2019, pada 2020 mendatang, DD akan bertambah menjadi Rp204 miliar.

Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol mengatakan, kenaikan nominal untuk DD tahun 2020 itu, belum tentu bisa dirasakan oleh seluruh desa yang ada di wilayah setempat. Sebab, merujuk pada kebijakan pemerintah pusat, peningkatan besaran DD itu hanya dilakukan pada desa tertentu.

“Jadi begini, kebijakan pusat itu bagi rata dulu, setelah itu dibagi variabel, variabelnya itu merupakan jumlah masyarakat miskin,” ungkapnya, kemarin (11/11)

Faisol juga menambahkan, untuk pencairan DD tahap III sudah diajukan kepada Badan Keuangan   Daerah (BKD) Pamekasan, sehingga dimungkinkan akan segera cair pada minggu ini.

Pihaknya mewanti-wanti agar seluru desa merampungkan laporan pertanggung jawaban  dari pengerjaan DD yang telah digunakan pada tahap sebelumnya.

“Untuk pencairan DD tahap satu 20 persen, DD tahap II 40 persen dan tahap III juga 40 persen,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Pamekasan Rida’i menyampaikan, untuk pencairan DD pada 178 desa di wilayahnya harus disalurkan dengan sebenar-benarnya supaya pembangunan yang ada di desa cepat selesai.

“Kami harapkan penyalurannya dilakukan sesuai dengan aturan yang ada,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed