DD Tahap III Terancam Hangus, Ratusan Desa Belum Ajukan Pencairan

(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) TERANCAM HANGUS: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengimbau kepala desa segera mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap III, agar bisa digunakan untuk pembangunan.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan mencatat 111 desa yang belum mencairkan dana desa (DD) tahap III, sebab  belum mengajukan pencairan kepada DPMD.

Kepala DPMD Pamekasan Ach. Faisol melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengelolaan Keuangan Desa Farid Rahman mengungkapkan, pencairan tahap III DD, 20 persen dari total anggaran per desa yang diperoleh. Tahap II dan I sebanyak 40 persen. Namun, dari total 178 desa, hanya 77 desa yang mencairkan DD tahap I dan II.

“Jadi dasar kami untuk penyaluran atau pengajuan ke bagian keuangan atas rekomendasi pengajuan dari kecamatan, pengajuannya ke bupati melalui camat,” paparnya, Senin (29/11/2021).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, bagi desa yang tidak mengajukan sampai batas waktu yang telah ditentukan, maka DD-nya tidak menjadi tambahan pada perolehan DD tahun 2022. Sehingga sisa DD tahap III yang tidak dicairkan tidak ditransfer dari rekening kas umum negara (RKUN) ke rekening kas desa (RKD) akan hangus. Perolehan DD tahun berikutnya tetap disamakan dengan perolehannya sesuai dengan regulasi.

“Pengajuan terakhir dana desa tanggal 15 Desember, apabila desa belum ada pengajuan penyaluran, dana desa akan tetap di RKUN, tidak akan disalurkan. Di suratnya kanwil perbendaharaan Kanwil Jawa Timur,” ulasnya.

Dia menginginkan kepada desa yang belum melakukan pengajuan DD tahap III segera mengajukannya, agar bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di setiap desa.

“Jika sampai dengan batas waktu yang ditentukan desa belum belum menyampaikan persyaratan penyaluran DD tahap III, maka akan menjadi sisa anggaran DD di RKUN,” pungkasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan