oleh

Dekranasda Sumenep Rencanakan Pindah ke Showroom di Area Tajamara

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Hingga saat ini, showroom di Sumenep masih vakum, sebab pembangunan tersebut akan dipergunakan untuk Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumenep.

Kabid Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep Cicik Suryaningsih mengatakan, showroom akan ditempati Dekranasda Sumenep.

“Di sana akan ditempati kantor dan ruang pamer, dan akan ada IKM binaan dari Disperindag nantinya,” katanya, Minggu (25/4/2021).

Menurutnya, masih menunggu instruksi dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumenep. “Awalnya Dekranasda ada di Pendopo Agung. Namun saat ini akan dipindah,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, showroom tersebut nantinya menjadi pusat oleh-oleh serta kerajinan khusus Sumenep. Selain itu, juga sebagai pusat kerajinan batik di Sumenep. Artinya, nanti bisa menjadi tempat industri kerajinan kulit seperti tas, dompet, ikat pinggang serta batik.

“Diharapkan showroom tersebut bisa dimanfaatkan maksimal oleh Dekranasda Sumenep. Utamanya dalam mempromosikan produk-produk kerajinan daerah, seperti batik, perhiasan, aksesoris, tas, koper, alas kaki dan furniture,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumenep Noa Kurnia Fauzi mengatakan akan memajukan IKM di Sumenep. Program Dekranasda Sumenep ke depan akan diselaraskan dengan program prioritas Pemkab setempat

Ia menegaskan, pihaknya bersama Disperindag Sumenep dan semua elemen akan bersama-sama mempromosikan sejumlah produk unggulan karya orang Sumenep.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memberikan pelatihan dan penyuluhan serta tata cara pengemasan produk yang baik. Selain itu, akan ikut andil dalam mendorong pengembangan UMKM di ujung timur Pulau Madura ini.

“Salah satunya ialah mengajak para perempuan untuk menekuni kerajinan yang selama ini sudah banyak dilirik orang banyak, seperti batik, kuliner, dan jenis kerajinan lainnya,” tandasnya.

Kepala Disperindag Kabupaten Sumenep Agus Dwi Saputra mengatakan, IKM di Sumenep selama ini sudah banyak yang produksinya dipasarkan tidak hanya di lingkup lokal, namun mampu dipasarkan ke luar daerah.

Mereka bisa bekerja sama untuk saling mendukung usahanya dengan pemasaran bersama. “Dengan sepinya peminat saat ini, diharapkan semakin berkembang,” pungkasnya (imd/maf)

Komentar

News Feed