Delegasi asal Pamekasan Raih Juara 1 Lomba Hifzh Al-Qur’an 20 Juz MTQ Jatim

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) INSPIRATIF: Ach. Farhan, anggota kafilah Pamekasan yang berhasil meraih juara 1 lomba Hifz Al-Qur’an 20 Juz pada MTQ Jatim XXIX.

KABARMADURA.ID | Sosok yang satu ini sepertinya bisa menjadi inspirasi remaja di Madura. Bagaimana tidak, di usianya yang masih belasan tahun, ia sudah mengharumkan nama Pamekasan lewat torehan prestasinya menjadi juara I pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Jawa Timur ke-29 (MTQ Jatim XXIX)  cabang lomba Hifzh Al-Qur’an 20 Juz. Dia bernama lengkap Achmad Farhan.

KHOYRUL UMAM SYARIF, PAMEKASAN

Bacaan Lainnya

            Remaja kelahiran Pamekasan, 1 Desember 2005 tersebut memgaku, bahwa dalam menghafal Al-Qur’an, 75 persen berdasarkan kemauan dan 25 persen sisanya berdasarkan metode membaca Al-Qur’an, termasuk  di dalamnya adalah tajwid. Selain itu, menurutnya, konsistensi dan memilih waktu waktu sepertiga malam juga penting dalam proses menghafal Al-Qur’an.

“Yang terpenting mempunyai kemauan tinggi untuk menjadi seorang penghafal Al- Qur’an itu kunci utamanya,” paparnya.

Ia juga mengaku, menjalani proses menghafalnya selama empat tahun di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Darul Ulum Pondok Pesantren Banyuanyar. Selain itu, remaja yang berasal dari Desa Palengaan Laok itu juga menuturkan, bahwa dorongan orangtuanya menjadi awal mula ia menghafal Al-Qur’an. Dari situlah ia mulai berproses menjadi hafizh Qur’an. Bahkan, ia dipercaya untuk mewakili Pamekasan untuk mengikuti MTQ Jatim XXIX cabang lomba Hifzh Al-Qur’an 20 Juz.

“Selama setahun dipersiapkan khusus MTQ Jatim, namun intensitas latihan yang dilakukan secara khusus  kurang lebih 3 bulan,” urainya.

Berkat usaha, doa, motivasi, dan dorongan semua pihak, akhirnya ia berhasil meraih juara 1 pada lomba Hifz Al-Qur’an 20 Juz MTQ Jatim XXIX. Ia juga berharap, kelak bisa menjadi pemenang MTQ tingkat nasional.

“Harapannya, dengan doa dan dukungan dari  guru-guru dan orang tua, semoga bisa berprestasi di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *