Demi Hobi Kerap Kali Patungan

  • Whatsapp
(KM/) GOWES: Kendala anggaran bagi pehobi bersepeda di komunitas Api Alam Bike Club tidak menjadi aral.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Merawat hobi tidak sebatas dilakukan oleh orang yang memiliki finansial cukup. Namun, bagi penghobi yang perekonomiannya menengah ke bawah tidak menutup kemungkinann masih bisa menjalankan hobinya.

Seperti halnya komunitas bersepeda bernama Api Alam Bike Club yang mayoritas perekonomiannya menengah ke bawah. Namun, kesolidan dari anggota komunitas tersebut patut diacungi jempol.

Komunitas tersebut berawal dari penghobi sepeda yang kian banyak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Tak ayal, jika pehobi bersepeda itu membentuk komunitas yang diberi nama Api Alam Bike Club pada tahun 2018.

“Awal mulanya ya, sebenernya cuma hobi saja, karena makin banyak yang hobi sepeda jadi dibentuk komunitas. Kami sepakati dengan nama Api Alam Bike Club. ‘Api Alam’ itu api yang tidak pernah padam, sudah jadi objek wisata di desa kami,” cerita Ketua Api Alam Bike Club Haris Suyitno kepada Kabar Madura, Senin (23/3/2020) pagi.

Walaupun baru memasuki tahun ketiga, Api Alam Bike Club sudah mengikuti Fun Bike di Madura sebanyak empat kali, serta di luar Pulau Garam seperti Fun Bike di Surabaya sekali.

Guna mengikuti Fun Bike, mereka menggunakan anggaran iuran. Namun, dana yang terkumpul kerap kali tidak cukup untuk ikut serta dalam acara Fun Bike.

Haris menceritakan, anggotanya selalu patungan untuk mencukupi biaya iukut Fun Bike. Meskipun, dia mengakui, mayoritas dari anggotanya sebatas pekerja kasar.

Pria yang sudah berusia 30 tahun itu mencontohkan ketika mengikuti Fun Bike di Surabaya. Saat itu, biaya yang dihabiskan sekitar Rp.1,5 Juta.

“Memang biayanya besar itu saat kami ikut Fun Bike. Jadi, biayanya diambil dari iuran kami dan ditambah dengan patungan. Iya, sebenarnya kasian karena kebanyak pekerja kasar dari anggota kami. Tapi, kalau sudah hobi mau bagaimana lagi, pasti demi kesenangan akan dilakukan,” sambungnya. (idy/bri)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *