oleh

Demi Pelestarian Budaya, Empu Keris di Sumenep Didata

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep memastikan, pendataan empu keris tidak berkaitan dengan apa pun, namun hanya mendeteksi jumlahnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Robi Firmansyah menyebut, 750 empu keris di Kabupaten Sumenep yang sudah mempunyai nomor register.

Ia menjelaskan, nomor register hanya sebagai pendeteksi jumlah empu yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, juga sebagai legalitas yang kegunaannya untuk melestarikan kebudayaan yang salah satunya adalah keris.

“Kan memang selain sebagai Kota Keris, di sini memang akan dijadikan sentra keris, contohnya pada hari jadi kemarin  kan diundang semua 750 empu itu,” katanya, Selasa (12/11).

Termasuk di sektor pemasaran, hasil produksi keris dari empu yang sudah mempunyai legalitas atau nomor induk, pihaknya mengaku tidak banyak membantu, karena para empu sudah mempunyai jaringan tersendiri.

Robi menjelaskan, keberadaan nomor induk empu bukanlah sebuah jaminan untuk mendapatkan bantuan fasilitas, baik berupa peralatan maupun pengadaan bahan dasar keris.

“Kami tidak bisa memberikan bantuan DAK, pemasarannya itu juga kan mereka lebih tahu dari kami, tetapi untuk menjaga kelestarian kebudayaan itu kami pasti mengupayakannya,” imbuhnya.

Selain itu, ia tetap berharap agar seluruh empu segera berinisiatif sendiri untuk mengurus nomor registernya, karena pihaknya meyakini masih banyak empu yang belum mempunyai nomor sebagai bentuk legalitas.

Karena jika pemerintah membutuhkan jasa empu dan jumlah koutanya terbatas, maka yang akan diprioritaskan adalah yang sudah terdaftar.

“Saya yakin empu itu tidak hanya segitu jumlahnya. Sebenarnya tidak hanya pengrajin keris saja, semua kebudayaan mendapatkan legalitas tersendiri,” pungkasnya. (ara/waw)

Komentar

News Feed