oleh

Demokrat Rebut Kursi Terakhir DPRD Jatim Dapil Madura

PKB Gagal Dapat Tiga Kursi

Kabarmadura.id/SUMENEP-Mantan Calon Bupati (Cabup) Sumenep Zainal Abidin (ZA) dipastikan lolos sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, setelah mencalonkan diri dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim XIV (Madura) yang meliputi Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Demokrat Rebut Kursi Terakhir DPRD Jatim Dapil Madura

Kepastian lolosnya mantan calon bupati (cabup) Sumenep yang berpasangan dengan Dewi Kholifah di Pilkada 2015 silam itu, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelesaikan penghitungan rekapitulasi pemilihan legislatif (pileg) 2019 untuk empat kabupaten di Madura pada Sabtu malam (11/5).

Sekretaris DPC Partai Demokrat Sumenep Indra Wahyudi juga memastikan, bahwa ZA lolos sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur. Kabar ZA memperoleh kursi di DPRD Jawa Timur, setelah pihaknya menerima laporan selesainya rekapitulasi di KPU Jawa Timur di Madura.

“Rekapitulasi KPU Jawa Timur untuk Sumenep sudah selesai dan hasilnya sudah diketahui siapa yang lolos. Jadi berdasarkan rekapituliasi KPU Jawa Timur, yang lolos adalah pak Zainal,” jelasnya, Minggu (12/5).

ZA sendiri, menurut Indra, berhasil merebut kursi ke 12 atau kursi terakhir untuk DPRD Jawa Timur di Dapil Madura, setelah mendapatkan suara sebanyak 100.356 di empat kabupaten yang ada di Madura.

Dijelaskan pria yang juga mendapatkan kursi di DPRD Sumenep itu, Partai Demokrat melakukan protes, hingga pada akhirnya terjadi penghitungan ulang di beberapa kecamatan di Pamekasan dan Bangkalan.

“Tidak hanya Partai Demokrat, beberapa parpol melakukan protes. Pada akhirnya plano dibongkar dan dihitung ulang. Sebab, selisih perolehan suara di perebutan kursi terakhir DPRD Jawa Timur memang tidak banyak, yakni sekitar 1.400-an,” terangnya.

Suasana rekapitulasi di tingkat KPU Jawa Timur diakui politisi asal Dapil V Sumenep itu, sempat diwarnai berbagai protes. Namun pada akhirnya, rekapitulasi suara hasil Pileg 2019 untuk Kabupaten Sumenep dinyatakan selesai.

Maka dengan lolosnya ZA sebagai anggota DPRD Jawa Timur setelah merebut kursi ke 12 untuk Madura, maka Partai Demokrat di Dapil Madura mendapatkan dua kursi, yakni bersama Achmad Iskandar.

Sebagaimana diketahui, sebelum rekapitulasi KPU Jawa Timur dimulai, dikabarkan bahwa PKB mendapatkan tiga kursi sehingga kursi untuk ZA tidak diperhitungkan. Tiga kursi untuk PKB yang beredar sebelumnya adalah untuk Alyadi, Nurfitriana dan Nur Faizin.

Namun, dengan direbutnya kursi terakhir oleh Demokrat (ZA), maka dipastikan bahwa PKB di DPRD Jawa Timur untuk Dapil Madura juga mendapatkan dua kursi, yakni Alyadi dan Nurfitriana. Sementara Nur Faizin tidak mendapatkan kursi.

Dipastikan juga, berdasarkan penghitungan rekapitulasi suara pileg 2019, Nurfitriana, yakni istri bupati Sumenep itu dipastikan mendapatkan kursi di DPRD Jawa Timur.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang sudah selesai, 12 kursi DPRD Jawa Timur untuk Dapil Madura berhasil diperoleh oleh sembilan parpol, antara lain PKB dua kursi, Partai Demokrat dua kursi, Partai Nasdem dua kursi, masing-masing satu kursi adalah PPP PDI Perjuangan, PAN, Golkar, PBB dan Gerindra.

Sementara itu, mengacu data dari hasil rekapitulasi KPU untuk hasil Pileg 2019, 12 caleg DPRD Jawa Tinur yang mendapatkan kursi, antara lain adalah pertama Alyadi (PKB) dengan suara 221.264; kedua H Mohammad Nasih Aschal (Nasdem) dengan suara 237.026; ketiga H Achmad Iskandar (Demokrat) dengan suara 251.959; keempat Mahhud (PDI-P) dengan perolehan suara 178.548.

Kelima Moch Aziz (PAN) dengan peroleha suara 132.547; keenam Nurfitriana (PKB) dengan perolehan suara 92.855; ketujuh Abdul Halim (Gerindra) dengan suara 142.096; kedelapan Mohammad Ashari (Nasdem) dengan suara 130.543.

Kemudian kesembilan, Muhammad bin Mu’afi Zaini (Golkar) dengan suara 95.244; kesepuluh Mathur Husyairi (PBB) dengan suara 79.734; kesebelas HM Musyaffa’ Noer (PPP) memperoleh suara 82.295 ; dan terakhir H Zainal Abidin (Demokrat) mampu meraup suara 100.356. (ong/waw)

 

Komentar

News Feed