oleh

Denda Pelanggar Prokes, Bupati Pamekasan: Sanksi Hanya untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Kabarmadura.id/Pamekasan– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, terus berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protoKol kesehatan (prokes) untuk memerangi covid-19. Salah satunya dengan menerapkan sanksi bagi warga yang tidak mematuhi prokes.

Sanksi yang diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat itu, tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan Nomor 50 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan. Perda yang pertama kalo diterapkan pada Senin (14/9/2020) itu, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian wabah corona virus disease 2019 (Covid-19).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, saat melakulan peninjauan penerapan denda atau sanksi pada warga yang tidak mematuhi prokes di area bundaran Monumen Arek Lancor mengatakan, penerapan denda atau sanksi sebagaimana dimaksud dalam Perda tersebut, merupakan salah satu cara pemerintah untuk terus mengedukasi masyarakat dalam mematuhi prokes.

Dimana dalam Perbup Nomor 5 Tahun 2020 itu diamanahkan, warga yang melanggar prokes akan diberikan sanksi dengan membayar denda maksimal Rp100 ribu.

“Orientasinya adalah tetap melakukan edukasi, mentrasformasi pentingnya memakai masker, sanksi yang diberikan kepada masyarakat adalah salah satu usaha untuk menjadikan masker sebagai pola hidup baru yang normal,” ungkapnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, berharap kesadaran masyarakat terus bertambah untuk bisa terselamatkan dari Covid-19, tentunya dengan terus mematuhi prokes yang sudah dianjurkan oleh Pemkab Pamekasan.

“Kami berharap masyarakat tetap menggunakan masker,  dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan, memberikan perlindungan untuk bebas serta mendorong cuci tangan dan menjaga jarak dengan masyarakat yang lain,” harapnya.

Catatan Kabar Madura, pada hari pertama penerapan sanksi berupa sidang di tempat dan pembayaran denda bagi warga yang melanggar prokes Covid-19, petugas gabungan telah memberikan sanksi denda senilai Rp20 ribu kepada 80 lebib warga yang melintas di area Monumen Arek Lancor. (rul/pin*)

Komentar

News Feed