Desa Bira Timur Sampang Budidayakan Tanam Melon

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) GIGIH: Mahfudh foto bersama dengan mahasiswa usai lakukan diskusi dan pelatihan menanam melon

KABARMADURA.ID, SAMPANG- Petani melon Mahfudh, warga Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah Sampang terus melakukan edukasi positif. Dia mengajak siswa dan mahasiswa belajar bercocok tanam dengan sukses.

Pria yang dikenal gigih itu tidak ingin sukses sendiri. Namun menyalurkan ilmunya kepada siapapun yang datang ke lokasi perkebunannya. Mulai dari siswa, mahasiswa dan kelompok masyarakat yang hendak bertukar pengalaman. .

“Rezeki itu tidak tertukar, ilmu dan cara maupun modal sama. Tapi rezeki dan keberuntungan tidak sama setiap orang. Kenapa harus saya sembunyikan ilmu dan kunci sukses bercocok tanam melon, ” katanya.

Dikatakan Mahfudh, siswa dan mahasiswa yang datang ke lokasi pertaniannya, diajari cara pembibitan hingga perawatan. Sehingga tanaman berbuat baik dan bernilai ekonomis. Sehingga bisa dicoba di rumah masing-masing dengan cara sederhana.

Selain itu, Mahfudh juga mengenalkan berbagai jenis macam melon. Dengan keunggulan komoditi berbeda. Sehingga, menjadi daya tarik sendiri kepada siswa dan mahasiswa.

“Rata-rata mereka tertarik dan mencobanya. Bahkan ada yang bercocok tanam dengan modal lumayan besar. Kami ajarkan semua hal. Dan saya siap konsultasi melalui telepon, ” ucapnya.

Dia menambahkan, lokasi pertaniannya banyak dikunjungi sejumlah kelompok masyarakat dari luar Madura. Bahkan sering dijadikan tempat pelatihan khusus menanam melon. (man/mam)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *