Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Pamekasan Segera Operasikan TPS3R

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) TUNTAS: Kepala Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Pamekasan, Endang Suciati (dua dari kanan) bersama beberapa pejabat desa di Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN-Upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan untuk mengatasi persoalan sampah kian digalakkan.  Di tahun 2021 ini, beberapa Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) sudah dibangun. Salah satunya di Desa Murtajih Kecamatan Pademawu dengan  realisasi pembangunan mencapai 100 persen.

Kepala Desa Murtajih Endang Suciati menuturkan, inisiatif pengajuan pembangunan TPS3R tidak terlepas dari minimnya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan. Sehingga dengan adanya tempat pembuangan dengan sistem daur ulang sampah, mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk  tidak membuang sampah sembarangan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan keberadaan TPS3R sebagai penguatan ekonomi. Sebab pengelolaannya menjadi tanggungjawab Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pendapatan pengelolaan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD). “Agar nanti sampah bisa diolah menjadi sesuatu yang berguna. Sehingga residu sampah tidak menumpuk,” ujarnya, Selasa (16/11/2021).

Dengan adanya TPS3R,  pihaknya yakin mampu memberikan perubahan lebih baik untuk Desa Murtajih. Sebab desa tersebut memiliki 2.033 kepala keluarga (KK) atau sekitar 5.000 jiwa. Jumlah warga cukup potensial dalam menambah pendapatan di sektor retribusi sampah. Sehingga untuk memulai pengoperasian TPS3R masih menunggu serah terima dari DLH.

Pihaknya menegaskan, pembangunan TPS3R berawal dari hasil koordinasi pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Murtajih dengan sejumlah warga setempat. Sehingga warga bisa menerima keberadaan TPS3R. Sebab ketersediaan TPS3R, bukan sebagai tempat pembuangan sampah, melainkan tempat pengelolaan sampah.

“Personil telah disiapkan, tinggal menunggu peresmian. Insyaallah bulan Januari sudah dioperasikan,” tegasnya.

Dengan demikian, akan mendata warga yang ingin bekerja mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat. Pihaknya optimis, masyarakat sangat setuju dengan keberadaan TPS3R. Sehingga diharapkan, mampu meningkatkan kesadaran dalam pengelolaan sampah. Sebab secara umum, Pemdes Murtajih sudah siap mengelola TPS3R.

“Semoga masyarakat bisa mengelola sampah rumah tangga dan memilah sampah dengan residu,” harapnya. (*)

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Totok Iswanto

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *