Desa Tentenan Timur Dorong Peningkatan SDM dan Ekonomi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) BANGUN SDM: Siswa-siswi berprestasi mendapat beasiswa pendidikan dari Pemdes Tentenan Timur, diberikan di Balai Desa Tentenan Timur.

KABARMADURA.ID – Upaya penggalian potensi desa di Pamekasan terus dilakukan. Salah satunya di Desa Tentenan Timur, Kecamatan Larangan. Potensi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi menjadi sektor utama.

ALI WAFA, PAMEKASAN

Desa dengan jumlah penduduk 1.443 jiwa ini merupakan salah satu desa di Pamekasan yang memiliki konsentrasi pengembangan potensi desa. Desa Tentenan Timur memiliki potensi utama yaitu pertanian dan home industry

Di sektor pertanian, potensi tanaman palawija menjadi sumber penghidupan masyarakat Tentenan Timur. Sebagian besar masyarakat Desa Tentenan Timur hidup dari sektor pertanian. Tanah yang subur membuat berbagai macam tanaman tumbuh di desa ini.

Selain itu, desa ini juga memiliki potensi berupa home industry. Masyarakat Desa Tentenan Timur cukup kreatif hingga bisa memproduksi aksesoris, seperti dompet dan tas. Home industry tersebut telah memiliki pasar hingga ke luar daerah bahkan lintas provinsi.

Usaha rumahan itu tersebut telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Usaha rumah tangga itu telah membantu puluhan masyarakat mendapat pekerjaan, sehingga mengurangi potensi pengangguran. Omset yang dihasilkan pun jutaan rupiah setiap bulannya.

Tidak hanya itu, desa ini juga fokus pada peningkatan kualitas SDM. Sebagai salah satu upayanya, Pemerintah Desa (Pemdes) Tentenan Timur memberikan beasiswa pendidikan kepada siswa-siswi berprestasi di semua tingkatan, mulai dari sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Biaya pendidikan mulai hingga kebutuhan sekolah ditanggung oleh Pemdes Tentenan Timur. Sementara ini, di masing-masing tingkatan dua orang diberi beasiswa, putra dan putri. Hal itu dimaksudkan untuk membangun generasi berkualitas.

“Harapannya, mereka nanti bisa membangun Desa Tentenan Timur lebih maju lagi,” ungkap Kepala Desa Tentenan Timur Farid Afandi, Selasa (12/10/2021)

Selain itu, di sektor kesehatan, adanya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Larangan di wilayah administrasi Desa Tentenan Timur membantu masyarakat mendapat pelayanan kesehatan yang cepat. Bantuan mobil sehat sigap dari Pemkab Pamekasan sangat membantu.

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *