oleh

Desak DPMD Sampang Optimal Evaluasi DD

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Dugaan kejanggalan realisasi dana desa (DD) yang terjadi di Desa Tanah Merah Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, cukup menjadi antisipasi bagi desa lain. Sebab, penggunaan DD rawan penyimpangan. Hal tersebut diungkapkan, Anggota Komisi I DPRD Sampang Aulia Rahman, Kamis (8/4/2021).

Pihaknya meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk melakukan langkah konkrit mengenai realisasi DD. Sebab, ketersediaan DD akan mendorong percepatan kemajuan di tingkat desa. “Evaluasi tidak hanya mengenai kualitas pekerjaan yang bersumber dari DD saja. Tapi dari berbagai aspek. Sehingga, hasil evaluasi menjadi catatan bagi desa untuk berkembang,” ujarnya.

Dikatakan, tidak semua desa buruk dalam merealisasikan DD. Bahkan sebaliknya, tidak semua desa optimal dalam melakukan pekerjaan pembangunan melalui DD. Sehingga, keoptimalan evaluasi bisa dijadikan acuan sebagai kontrol. Agar, pembangunan merata di tingkat desa.

Disarankan, evaluasi bisa dilakukan dari capaian program DD dan pemerataan program di desa. Sehingga, DD terealisasi dan dinikmati masyarakat menyeluruh di setiap desa. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada program DD yang tidak sukses.

“Ketidak sukseskan realisasi DD tidak hanya soal pelaksanaan. Tapi, pemerataan pembangunan di internal desa juga menjadi faktor. Karena, ada dusun-dusun tertentu yang tidak terjamah pembangunan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, evaluasi dilakukan serius. Tidak hanya sekedar kegiatan yang tidak ada dampak. Sebab, program DD jika dikerjakan serius akan menopang pembangunan yang merata.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kecamatan Torjun, Khoirul mengaku evaluasi realisasi DD sudah dilakukan. Sejumlah desa, sudah didatangi dan dievaluasi. Termasuk Desa Tanah Merah. Sehingga, hingga saat ini masih menunggu hasil evaluasi.

“Kami akan terus melakukan evaluasi. Sehingga pelanggaran dan penyimpangan lebih minim. Di sejumlah desa, pelaksanaannya sudah kami evaluasi secara optimal,” pengakuannya. (man/ito)

 

Komentar

News Feed