Desak P2KD Tetapkan Pemenang Pilkades Pamaroh

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Puluhan massa dari tim sukses (timses) calon kepala desa Pamaroh nomor urut 1 pada Senin (30/9) melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan untuk menindaklanjuti kisruh Pilkades di Desa Pamaroh yang tidak menemukan penyelesaian hingga saat ini.

Menurut Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Raja’e, untuk polemik yang terjadi di Desa Pamaroh, panitia tingkat labupaten telah merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) untuk melakukan penetapan pemenang sesuai hasil pilkades.

“Rekomedasi kami sudah jelas kepada P2KD Pamaroh untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya, tentunya penetapan pemenang,” paparnya.

Rekomendasi yang diberikan sudah melalui beberapa pertimbangan terhadap regulasi yang telah ada yang meliputi Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang menjadi dasar pijakan dalam penyelenggaraan pilkades.

“Penetapan pemenang di Desa Pamaroh sesuai dengan regulasi yang sudah ada,” ungkapnya.
Untuk pelantikan kepala desa terpilih di 91 desa akan segera dilakukan diterbitkan surat keputusan (SK) terpilhnya.

“Setelah lengkap suratnya nanti kita akan segera SK-kan,” ujarnya.

Adapun untuk batas waktu dalam pemberian SK-nya, mantan kepala Desa Bujur Barat itu menuturkan bahwa batas dalam penerbitan sk kades tersebut maksimal 30 hari setelah pemilihan.

“Minimal sebelum tangal 8 sudah ada keputusan untuk surat keputusan dari masing-masing desa,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pamekasan Muttaqin menyampaikan, untuk tahapan perampungan administrasi hanya tinggal 1 desa yaitu Desa Pamaroh.

“Pamaroh sudah diputuskan, saya termasuk menunggu yang itu,” paparnya.

Adapun untuk alur pengajuan surat keputusan tersebut adalah P2KD menyampaikan hasil keputusan penetapan kepada Badan Pengawas Desa (BPD), kemudian dari BPD dilanjutkan kepada PMD yang selanjutnya akan dijembatani untuk mendapatkan surat keputusan dari bupati. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *