oleh

Desak Percepat Sosialisasi Perbup Pilkades

KABARMADURA.ID, SAMPANG -Menjelang triwulan kedua, tahun 2021 aturan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak belum disosialisasikan. Padahal, pembahasan peraturan bupati (perbup) soal regulasi sudah selesai dilakukan. Sehingga, regulasi yang baru perlu segera disosialisasikan. Hal tersebut diungkapkan, Ketua DPRD Sampang, Fadol, Selasa (23/02/2021).

Menurutnya, pelaksanaan pilkades serentak akan digelar beberapa bulan lagi, cukup penting aturan disosialisasikan lebih cepat. Jika sosialisasi lebih cepat, diyakini sangat mendukung kesuksesan pilkades serentak yang akan digelar akhir tahun. “Pembahasan regulasi baru yang tertuang dalam perbup sudah selesai dilakukan. Jika aturan itu siap diluncurkan, segera lakukan sosialisasi,” desaknya.

Pihaknya menegaskan, meski aturan sudah lebih baik dari tahun sebelumnya, jika sosialisasi lemah maka akan memicu konflik. Sebab, tetap menimbulkan keributan akibat minimnya pemahaman. Apalagi, tidak semua elemen masyarakat melakukan persiapan dengan adanya regulasi baru. “Tanpa sosialisasi saya yakin juga akan menimbulkan konflik,” tegasnya.

Informasi yang dihimpun Kabar Madura, pelaksanaan Pilkades Serentak akan diikuti hampir semua desa di Kabupaten Sampang. Tercatat, sebanyak 111 desa akan melangsungkan pemilihan. Sesuai rencana, pelaksanaannya akan digelar akhir tahun ini.

Untuk diketahui, pemerintah sudah selesai menyempurnakan Perbup Pilkades Nomor 31 tahun 2019 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa. Pada pilkades sebelumnya, dinilai masih banyak kelemahan aturan yang mengakibatkan banyak terjadi sengketa.

Kasi Perencanaan Pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Rudi Susanto, mengaku sosialisasi masih dalam persiapan. Sehingga akan dilakukan lebih cepat ke sejumlah kecamatan. “Kami targetkan sosialisasi lebih awal. Sehingga, semua pihak lebih siap menyambut pesta demokrasi di tingkat desa,” ucapnya. (man/ito)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed