Dewan Desak Pembentukan Daerah Kemaritiman di Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BESAR: Salah satu kapal yang dibuat oleh salah satu perusahaan galangan kapal di Bangkalan.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pencanangan daerah kemaritiman untuk Bangkalan terus digaungkan oleh legislatif. Daerah maritim diharapkan  menjadi salah satu pintu untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Bahkan, dengan daerah kemaritiman investor akan lebih mudah masuk di Bangkalan.

Ketua Komisi A DPRD Bangkalam Mujiburrahman menginginkan, agar daerah kemaritiman bisa segera terbentuk. Sebab, menurutnya hal tersebut dapat memberikan keuntungan besar kepada daerah karena akan menjadi acuan perusahaan besar untuk investasi.

Bacaan Lainnya

”Kalau sudah jadi daerah maritim nanti program program besar yang dapat meningkatkan kemajuan daerah bisa diserap,” katanya.

Sehingga dirinya meminta agar pemerintah dapat secara langsung membantu proses atau menyiapkan kekurangan persyaratan yang ada. Salah satunya dengan menambah jumlah investasi yang bisa masuk dan mau mengembangkan perusahaannya di Bangkalan.

”Kami siap mendukung, karena ini juga demi kemajuan daerah, asal semua sesuai aturan,” ulasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Penanaman Modal, dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan Ainul Ghufron menyampaikan, Bangkalan sudah siap menjadi zona atau daerah maritim. Hal tersebut mengacu pada ketersediaan jumlah perusahaan galangan kapal yang ada di Bangkalan.

”Sebentar lagi sudah bisa karena jumlahnya sudah sesuai, yakni ada lima perusahaan galangan kapal,” jelasnya.

Beberapa di antaranya ada PT Ben Santosa, Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI), Bintang Timur Sentosa (BTS), Warako, dan satu lagi PT GSM. Tetapi untuk PT GSM masih dalam proses pengurusan kelengkapan berkas.

”Kalau nanti sudah lengkap semua perusahaan aktif, akan kami lanjut ke tahap berikutnya,” pungkasnya. (km59/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *