Di Balik Keberhasilan Agus Mulyadi Menjadi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang

  • Whatsapp
KM/SUBHAN AGUS MULYADI: Sudah sekitar 22 tahun bergelut di bidang kesehatan dan saat ini dipercaya menjadi Plt Kepala Dinkes Sampang

Kabarmadura.id/Sampang – Pengabdian Agus Mulyadi dalam bidang kesehatan di Kabupaten Sampang akhirnya berbuah manis.  Setelah bergelut di bidang kesehatan selama 22  tahun lamanya, pria kelahiran Sumenep 08 Agustus 1973 itu, akhirnya dipercaya menjadi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Dinkes Sampang.

SUBHAN, SAMPANG

TERLAHIR dari ayah yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan, Agus Mulyadi juga mengikuti jejak orang tuanya, yakni berkiprah di bidang kesehatan. Pada tahun 1997, Agus Muladi diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) dan pertama kali ditempatkan di Kabupaten Sampang.

Pada saat Agus (sapaan akrabnya) bertugas di kota Bahari ini, ia mengaku tidak memiliki gambaran tentang Sampang. Akan tetapi, niat dan motivasinya adalah membangun dan memajukan daerah Madura.

Berhubung takdirnya ditempatkan di Sampang, akhirnya secara istikamah dia bekerja dan mengabdi. Berawal menjadi staf, kasubag, pada tahun 2010 diangkat menjadi kepala Puskesmas Tambelangan Sampang. Pada tahun 2014, diangkat menajadi Kabid Kesmas di Dinkes Sampang dan akhirnya dipercaya menjadi Plt Kepala Dinkes Sampang pada tahun 2019.

“Sudah 22 tahun, saya bergelut di bidang kesehatan, khususnya di Dinkes Sampang. Saat ini saya dipercaya dan diamanahi menjadi Plt Kepala Dinkes Sampang sejak tahun ini,”ucap Agus Kepada Kabar Madura, Senin (8/7).

Motivasi bapak empat anak itu, yakni ingin menerapkan semua ilmunya, khususnya bidang kesehatan dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Selain itu ia berkeinginan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Pria asal Kota Sumekar itu berkeinginan Kabupaten Sampang ini bisa berkompetisi dengan kabupaten yang lain di tingkat Provinsi Jatim, minimal berada di urutan 10. Ia menegaskan, kesehatan ini adalah kebutuhan dasar manusia, paska Indonesia merdeka hingga saat ini, sebagian masyarakat kebutuhan dasarnya masih di luar yang seharusnya.

“Berbekal ilmu dan dukungan dari semua pihak, saya akan berikhtiar dan berkomitmen mengangkat derajat kehidupan masyarakat Sampang yang lebih baik,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menceritakan, hal yang paling berkesan selama menekuni bidang kesehatan, yaitu bagaimana menata diri, karena kesehatan determinannya adalah prilaku. Ia sebagai pemimpin di bidang kesehatan, harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat yang lainnya, dengan memunculkan perilaku yang baik.

Adapun riwat pendidikan Agus Mulyadi, untuk jenjang SD, SMP dan SMA dituntaskan di Kabupaten Sumenep, setelah itu melanjutkan S1 bidang kesehatan masyarakat di Universitas Airlangga lulus tahun 1996 dan menuntaskan S2 di Universitas Airlangga lulus tahun 2004. (pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *