Di Balik Konsistensi Performa Madura United di Puncak Klasemen


Di Balik Konsistensi Performa Madura United di Puncak Klasemen
(KM/ALIFFAIQ RADITO) KUNCI SUKSES: Manajer Madura United Umar Wachdin menyampaikan yang sudah dilakukan pihaknya untuk mencapai posisi puncak.

KABARMADURA.ID | Konsistensi performa Madura United hingga 10 laga pertama Liga 1 2022-2023, bukan di luar dugaan. Namun, sejak meracik tim, sudah memproyeksikan berada di tiga besar. Bagusnya, tim berusia enam tahun itu selalu menempati puncak klasemen.

Manajer Madura United Umar Wachdin menyampaikan, saat perekrutan pemain bukan memprioritaskan nama besar dari pemain tersebut. Namun penyesuaian terhadap kebutuhan Pelatih Fabio Lefundes, yang memilih sendiri komposisi skuad musim ini.

Namun dengan pemain dengan nama yang tidak besar, bisa diracik menjadi tim yang solid. Menurutnya, hal itu yang melandasi konsistensi performa Fachruddin W. Aryanto dan kolega sejauh ini.

Selain itu, pihaknya menciptakan iklim kompetitif di tim. Tak ayal, Fabio tidak memiliki starting eleven pakem. Arsitek berkebangsaan Brasil itu selalu merotasi pemain sesuai kesiapan dari masing-masing pemain atau kebutuhan yang dilihat dari kekuatan lawan tandingnya.

"Kami tahu banyak yang meragukan saat awal musim, apalagi waktu Piala Presiden, kami tidak lolos penyisihan grup. Itulah proses. Kami percaya proses. Kerja keras pemain yang menjadi pembeda, karena kami ciptakan iklim yang kompetitif di tim ini," tutur Umar.

Sementara itu, Pelatih Madura United Fabio Lefundes menambahkan, kunci sukses dari konsistensi permainan Madura United tidak terlepas dari kebersamaan yang kuat. Dia menyampaikan, itu tidak sebatas kerja keras pemain ataupun jajaran pelatih, melainkan official, manajemen, dan suporter sebagai pemain ke-12.

"Kami bisa seperti ini, karena berjalan bersama. Semua mau kerja keras. Tidak hanya pemain bekerja keras, pelatih bekerja keras, official juga, dan manajemen sudah kerja keras mempersiapkan kebutuhan, terutama sarana dengan baik. Suporter sudah dukung dengan baik," tambahnya.

Reporter: Syahid Mujtahidy

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Klasemen Papan Atas Liga 1 2022-2023

Posisi -  Tim -  Main -  Surplus Gol -  Poin

  1. Madura United 10 14  23
  2. PSM Makassar 9 12  21
  3. Bali United 10 10  21
  4. Persija Jakarta 10 7  21
  5. Borneo FC 10 9  20
  6. Persita Tangerang 10 4  19