oleh

Di Hadapan KPK, Bupati Pamekasan Tegaskan Dirinya Tolak Fee Proyek dan Transaksi Jabatan

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rapat monitoring dan evaluasi monitoring center prevention (MCP) KPK tahun 2020-2021 bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Rabu (28/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam secara tegas mengatakan di hadapan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta dua orang perwakilan KPK bahwa dirinya merupakan pemimpin yang bersih dan mendorong Kabupaten Pamekasan menjadi kabupaten yang bersih dari praktik korupsi.

Dia juga berkomitmen untuk menjadi pemimpin yang bersih. Sebab, dia ingin menciptakan reformasi birokrasi. Sehingga memerlukan tauladan yang baik untuk mewujudkannya. Bahkan, dia mengibaratkan dengan kalimat “Tidak mungkin kita bisa membersihkan lantai dari tangan yang kotor.”

Pria yang akrab dipanggil Mas Tamam itu mengungkapkan, pada umumnya, pendapatan di luar gaji bagi bupati ada dua sumber, yaitu jual beli jabatan dan fee proyek. Dia menegaskan, hingga saat ini dirinya belum pernah bertemu dengan kontraktor kecuali untuk presentasi.

Tidak hanya itu, dia menegaskan, selama dirinya menjadi bupati di Pamekasan, tidak boleh terjadi praktik jual beli jabatan.

“Karena kalau jabatannya dijual disuruh bekerja maksimal tidak mungkin. Karena sudah ada bandrolnya,” ucapnya.

Capaian program pemberantasan korupsi terintegrasi KPK di Pamekasan pada tahun 2019 juga diungkapkan bahwa selisihnya tidak jauh dengan Jawa Timur. Jika Pamekasan mencapai 73 persen, sementara captain provinsi Provinsi Jawa Timur adalah 81 persen.

Sementara di tingkat nasional, Kabupaten Pamekasan berada di peringkat 29. Pada tahun 2020 mengalami peningkatan, karena capaian program pemberantasan korupsi terintegrasi KPK Kabupaten Pamekasan tahun 2020 berhasil meraih peringkat ke-18 secara nasional.

“Saya memastikan bahwa, selama saya menjadi bupati, di kabupaten ini tidak boleh ada jual beli jabatan. Ini kepastian dari saya sebagai bupati,” tegasnya disambut tepuk tangan tamu yang hadir. (ali/waw)

Komentar

News Feed