oleh

Di Luar Kesibukan Asmoni Jadi Ketua STKIP PGRI Sumenep, Masih Rajin Bantu Orangtua Bersih-Bersih Rumah

Kabarmadura.id/Sumenep-Sebagai anak, sudah sewajarnya berbakti kepada orang tua. Sebab, merekalah pendidik pertama di masa kanak-kanak, ilmu perdana yang jadi pijakan pada masa-masa selanjutnya. Kesuksesan yang diraih saat dewasa, juga ditopang doa orangtua. Dia adalah ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumenep.

Namanya Asmoni, pria kelahiran Sumenep, 10 September 1977 ini selalu menanamkan prinsip menjunjung tinggi orang yang pernah berjasa sejak kecil. Baginya, orangtua adalah yang patut mendapat penghargaan yang sangat tinggi itu.

“Berbakti kepada orang tua bisa melalui berbagai cara,” kata Asmoni, salah satunya dengan meringankan tugas orangtua. Mulai dengan yang ringan saja, selalu membantu bersih-bersih rumah, memasak, dan lainnya. Seluruh aktivitas itu masih dijalani hingga saat ini. Biasanya dilakukan saat subuh, atau sebelum berangkat sekolah dan sore sepulang beraktivitas.

Masa kecilnya, dia rela mengurangi waktu bermainnya untuk membantu menjaga kebersihan rumah. Kini, walaupun sibuk dengan pekerjaannya, dia masih rutin menyempatkan waktu untuk selalu membantu sebagian urusan rumah.

Baginya, hal itu adalah sebagai bentuk balas budi atas kebaikan kedua orangtuanya. Dia meyakini, kehendak Tuhan bisa terletak pada restu orang tua. Terutama restu dari sang ibu.

Begitupun kapada sang guru, dia sering menyempatkan waktu bersilaturrahim untuk membantu gurunya ketika dalam kesulitan, termasuk ketika butuh bantuan mengajar ngaji dan lain sebagainya.

“Berbakti pada orang tua dan guru. Yakin setiap ikhtiar yang kita lakukan diimbangi dengan doa, pasti berhasil,” katanya Rabu (15/7/2020)

Doktor dari Universitas Negeri Malang ini, memulai karirnya di dunia pendidikan dengan menjadi dosen di Universitas Islam Madura. Pada saat itu, dia juga sembari jadi tutor di Universitas Terbuka.

Saat masuk di STKIP PGRI Sumenep, dia pernah menjabat sebagai kepala pengembangan SDM, wakil ketua bidang administrasi umum. Pengabdiannya itu, dia pertahankan hingga dipercaya menjabat ketua STKIP PGRI Sumenep.

Saat ini, Asmoni juga masih aktif menjadi pengurus PGRI Jawa Timur (Jatim). Di luar pendidik, dia juga peranah menjadi komisioner Komisi Informasi Sumenep.

“Saya juga pernah aktif di KI tahun 2013-2016, namun tidak sempat tuntas,” paparnya.

Selain berbakti pada kedua orangtua, kunci sukses itu menurutnya tidak lepas dari kedisiplinan. Hal itulah yang juga dtanamkan selama ini .Kendati demikian, berbagai kesuksesan yang diperoleh juga tidak mudah.

“Yang paling penting adalah membangun komitmen dengan orang lain. Di samping itu, kegigihan belajar, akhlak yang baik, hormat kepada kedua orangtua, guru dan orang yang berjasa dalam kehidupan kita,” pungkasnya (imd/waw)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed