oleh

Dicairkan Bertahap, Baru Seribu Pekerja Terima Bantuan

Kabarmadura.id/Sumenep--Tidak semua nasabah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang telah diajukan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) pekerja diterima. Sebab, semua berkas masih diverifikasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan KCP Sumenep Ihsan mengatakan, ada sebanyak 9 ribu orang yang sudah didaftarkan pada Kemnaker. Tetapi, hingga saat ini masih belum dicairkan semua.

“Dari 9 ribu yang mengajukan, saat ini masih baru cair pada 1.000 nasabah. Sedangkan, sisanya masih proses pencairan,” katanya, Rabu (09/09/2020).

Dia menjelaskan, nantinya semua karyawan akan mendapatkan bantuan tersebut. Sebab, hal tersebut merupakan program dari pusat yang dipersembahkan bagi para nasabah BPJS Ketenagakerjaan.

“Bagi yang belum menerima diharapkan bersabar,” ujarnya.

Bantuan tersebut senilai Rp600 ribu per bulan. Karyawan yang berhak menerima bantuan akan mendapatkannya selama 4 bulan. Sementara pencairannya dilaksanakan secara dua tahap, setiap pencairan karyawan akan mendapatkan Rp 1,2 juta langsung transfer ke rekening masing-masing.

Proses pencairannya, yakni data yang telah diserahterimakan akan dilakukan checklist oleh Kemnaker terlebih dahulu. Setelah dilakukan check list, data tersebut akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Setelah itu KPPN menyalurkan uang subsidi gaji atau upah kepada Bank Penyalur, yakni bank yang masuk menjadi anggota HIMBARA.

Setelah itu bank-bank HIMBARA menyalurkan uang BLT ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank HIMBARA, maupun rekening bank swasta.

“Pencairan akan dilakukan secara bertahap, sesuai nasabah yang telah memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang nasabah BPJS Ketenagakerjaan Syaiful Bahri asal Bluto mengaku masih belum menerima bantuan dari pemerintah. Dirinya, telah mengajukan pada BPJS Ketenagakerjaan sejak awal September 2020. Harapannya, pencairan tersebut dapat terealisasi.

“Saya masih belum mendapatkan bantuan itu kok,” singkatnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed