Diduga Dua Tahun Lakukan Pemotongan PIP

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Dugaan pemotongan dana Program Indonesia Pintar (PIP) mulai menjadi pantauan para wakil rakyat. Mereka berjanji, akan mengusut tuntas dugaan kejanggalan pemotongan terhadap program tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sampang Aulia Rahman mengaku, sudah ada kesepakatan untuk terus mencari bukti adanya pemotongan PIP. Diduga, pemotongan berlangsung selama dua tahun. Yakni sejak tahun 2018 hingga tahun 2020.

Bacaan Lainnya

“Kami akan terus belejeti kasus ini. Sampai saat ini kami meyakini kasus ini benar-benar terjadi. Dan, ini tidak bisa dibiarkan terjadi lagi,” janjinya, Selasa (19/01/2021).

Diungkapkan, secara normatif sudah sempat mendengar alasan dari Dinas Pendidikan (Disdik) dan pihak perbankan. Yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bahkan, bukti-bukti pemotongan sudah dikantongi. menurutnya, jika bukti sudah lengkap akan dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Soal besaran pemotongan, pihaknya mengaku belum bisa menyebut secara detail. Hanya saja, selama dua tahun pemotongan dilakukan secara rapi. Tapi bagaimanapun kaus itu tetap terendus dan dilaporkan ke wakil rakyat.

“Pemotongan dilakukan secara massif. Banyak yang terlibat dalam kasus ini. Kami akan terus melakukan pengumpulan bukti-bukti kuatnya pemotongan,” terangnya.

Aulia Rahman menegaskan, adanya pemotongan sudah jelas melanggar hukum. Sebab program itu, merupakan bantuan pemerintah pusat. Dan, dana PIP harus sampai secara utuh kepada penerima.

“Dengan adanya pemotongan ini sudah pasti ada yang dirugikan. Kami sudah mendapatkan beberapa orang yang sudah melapor adanya pemotongan. Kasus ini perlu ditindaklanjuti ke kepolisian,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Sampang, Muannas belum bisa dimintai konfirmasi. Meski berbagai upaya sudah dilakukan, baik melalui via pesan singkat hingga dindatangi langsung ke ruangannya belum berhasil.  (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *