Disdikbud Pamekasan Eksplorasi Kemampuan 115 Calon Kasek

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DISDIKBUD For KM) MAKSIMALKAN: Disdikbud Pamekasan ingin memastikan kemampuan calon kepala sekolah selaras dengan misi pendidikan berprestasi dan SDM yang memadai.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan mempersiapkan 115 sumber daya manusia (SDM) calon kepala sekolah. Persiapan itu melalui pendidikan dan latihan (diklat) yang digelar secara hybrid sejak 10 Oktober hingga 11 Desember 2021 mendatang.

Menurut Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini, tujuan utama kegiatan diklat itu adalah untuk  mengisi kekosongan kepala sekolah di semua jenjang pendidikan. Sejauh ini sudah dilakukan beberapa tahap tes. Sebelumnya sudah diadakan tes kompetensi dan tes substansi.

Bacaan Lainnya

Selain itu, lantaran sudah banyak kepala sekolah yang purna tugas, sehingga tugas dan fungsinya akan diteruskan  para kandidat yang saat ini masih dalam masa diklat.

“Model pembekalan yang kami lakukan, yaitu mengeksplorasi kemampuan mereka, dengan uji substansi, misalnya seperti wawancara, tes problem solving dan dilaksanakan diklat,” papar Zaini, Senin (11/10/2021).

Zaini juga menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu dimiliki oleh kepala sekolah. Pertama, harus mempunyai kemampuan leadership supaya bisa berkomunikasi dengan baik. Kedua, bisa mengelola administrasi sekolah secara profesional dan proporsional. Ketiga, mengerti manajemen keuangan sekolah agar setiap kebutuhan bisa tercukupi dengan baik.

Sedangkan yang menjadi pertimbangan dalam penempatan kepala sekolah, yaitu profesionalitas dan kebutuhan lingkungan penempatan sekolah. Dengan demikian, komitmen dalam mendorong majunya pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing, bisa dilakukan secara bersama-sama, sesuai dengan yang diinginkan oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

“Tentu penekanannya pada 3 hal, kemampuan leadership, manajemen administrasi sekolahnya, penatausahaan keuangan sekolahnya dan juga kemampuan penguasaan teknologi, tidak dipungkiri saat ini serba aplikasi, jadi mau tidak mau pimpinan itu harus memahami itu,” tegas Zaini.

Dia berharap kepada 115 calon kepala sekolah tersebut untuk memacu semangatnya menuntaskan berbagai pembekalan yang dilakukan.

“Diklatnya mudah-mudahan bisa lulus semua, sehingga dipastikan yang sudah lulus akan menempati sekolah yang saat  ini kepala sekolahnya purna tugas,” pungkasnya.

Reporter: Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *