Dikejar Deadline, DPRD Belum Bentuk Pansus Perubahan Propemperda

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI Wafa) DIKEJAR DEADLINE: Bapemperda DPRD Pamekasan akan dorong DPRD segera bentuk pansus perubahan propemperda tahun 2022.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Perpanjangan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak pada mandegnya kerja kedinasan DPRD Pamekasan. Ada beberapa agenda kedewanan yang belum terlaksana hingga Agustus tahun ini. Sementara itu, legislator didesak  untuk menyelesaikan beberapa agenda tahunan, termasuk pembahasan tata tertib (tatib) DPRD yang belum rampung.

Kebijakan perpanjangan PPKM juga  berdampak juga pada agenda perubahan program pembentukan peraturan daerah (propemperda). Beberapa daftar propemperda tahun 2021 telah tersusun, namun panitia khusus (pansus) perubahan propemperda belum dibentuk. Sebab ada yang dianggap lebih penting, yaitu perubahan tata ruang dan wilayah (RTRW) Pamekasan.

Bacaan Lainnya

Peraturan daerah (Perda) tentang RTRW diakui oleh Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Pamekasan Wardatus Sarifah sebagai salah satu perda yang penting untuk segera dibahas dan ditetapkan. Sebab, ada beberapa perda yang pengesahannya perlu menunggu Perda RTRW rampung.

Salah satunya yaitu perda tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan (ripparkab). Perda tersebut bisa dibahas jika Perda RTRW telah disahkan. Sebab proses pembahasannya akan mengacu pada Perda RTRW. Kendati begitu, Wardah menyebut, akan melakukan langkah cepat. Pihaknya masih akan melakukan rapat dengan perusahaan daerah air minum (PDAM) pada Rabu (11/8/2021) mendatang.

Bagaimanapun hasilnya, akan dikonsultasikan ke Biro Hukum Provinsi Jawa Timur. Setelah itu, pihaknya akan mendesak pimpinan DPRD agar segera membentuk pansus. Agar beberapa agenda kedewanan segera dimulai. Sebab, saat ini telah memasuki bulan ke delapan. Seharusnya perubahan propemperda tahun 2021 telah siap.

“Kami akan genjot. Akan kami support agar segera dibentuk pansus. Karena ini sudah emergency,” ujar politisi Partai Nasdem itu.

Sementara Direktur PDAM Pamekasan Agus Bactiar mengaku telah mempersiapkan beberapa berkas yang telah diminta oleh Bapemperda. Termasuk berkas rencana bisnis PDAM ke depan dalam mengelola modal dasar hingga tahun 2022 mendatang.

“Berkasnya sudah kami siapkan,” ungkapnya. (ali/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *