Dikuasai Pengepul, TPI Sumenep Jadi Malafungsi

  • Whatsapp
(KM/Razin) TAK TERSENTUH: Sejumlah nelayan masih belum terkaver program pemerintah dengan maksimal.

Kabarmadura.id/Sumenep-Keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Sumenep belum mampu dikelola dengan baik. Terbukti, TPI masih belum bisa mengkaver nilai pasar ikan hasil tangkapan nelayan, sehingga sampai saat ini terkesan liar dan dikuasai pengepul.

Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Sumenep Edie Ferrydianto menyampaikan, keberadaan TPI dan semua fasilitasnya telah diambil alih oleh Dinas Sosial Jawa Timur, sehingga pihaknya tidak dapat berbuat banyak.

“Ya masih belum, kami bertugas mengelola saja, karena tanah dan fasilitas lainnya, miliknya pemerintah provinsi (pemprov), jadi kami hanya bertugas saja di sana, jadi pengembangannya dari sana (pemprov),” katanya.

Menurutnya, tujuan awal TPI itu akan dimaksimalkan sebagai fungsi alat kontrol harga ikan tangkap nelayan yang akan menjual hasil tangkapannya tidak lagi dipermainkan oleh pehak-pihak oknum pengepul.

Namun, tujuan itu sampai saat ini belun tercapai. Hal itu diakui Edie, karena terkendala oleh pihak pelaksana. Dengan kata lain, pihaknya sulit menemukan kelompok masyarakat dari nelayan sendiri yang bersedia menjadi pelaksana TPI.

“Termasuk tahun ini, kami rasa masih belum ada rencana untuk pemanfaatannya, karena memang di sini sendiri nelayan harus masih diberikan pembinaan yang arahnya satu tujuan ke sana,” imbuhnya.

Kendati demikan pihaknya tetap berharap agar semua pihak lebih siap bekerjasama, sehingga nasib nelayan yang berjuang melawan maut lebih diperhatikan. (ara/ong)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *