oleh

Dikukuhkan, 104 Penyuluh Agama Dituntut Profesional

Kabarmadura.id/Pamekasan-Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan telah mengukuhkan 104 penyuluh agama yang akan dirsebar di 13 kecamatan. Karenanya tugas dan fungsi yang telah diberikan, diharapkan dikerjakan secara profesional.

Bertempat di Mandhepah Agung Ronggosukowati Pamekasan, Rabu (12/2/2020), kegiatan pembinaan, pengukuhan dan penyerahan surat keputusan (SK) itu dihadiri sejumlah pejabat Kemenag dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

Dari Kemenag, nampak hadir Kepala Bidang (Kabid) Penerangan Agama Islam (Penais) Zawa Kanwil Kemenag Jatim. Sedangkan dari Pemkab Pamekasan, dihadiri Wakil Bupati Pamekasan Rajae dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Harun Suyitno.

Kepala Kantor Kemenag Pamekasn Afandi dalam kegiatan yang berlangsung penuh khidmat itu mengatakan, setiap orang yang telah diberi amanah untuk mengemban suatu jabatan, pada esensinya harus bisa bekerja secara professional dengan berdasar pada peraturan yang ada.

“Antum semua (para penyuluh) sedang ditunggu oleh masyarakat, yaitu dalam rangka memberikan pencerahan, baik itu sifatnya transformasi keilmuan dan transformasi keimanan,” paparnya.

Tugas dari penyuluh masa bhakti 2020-2024 yang perlu ditekankan, jelas Afandi, adalah ketika menghadapi persolan, harus ditanggapi dengan pendekatan persuasif yang tidak menafikan pendekataan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Karena ketika kita menitikberatkan kepada ketaqwaan, yang pertama kita bisa lakukan adalah mengevaluasi diri sendiri dan jangan memandang persoalann sebagai penghadang menuju kesuksesan, melainkan sebagai tambahan pengetahun dalam menuntaskan permasalahan itu,” jabarnya.

Dia juga menegaskan, dalam melaksanakan tugas, hendaknya menitikberatkan rasa bersyukur dan kesabaran. Sehingga dalam perjalanan mengemban amanah, bisa tersemaikan rasa ikhlas untuk bekerja, rasa ikhlas untuk beramal, dan rasa ikhlas untuk amal dunia akhirat.

“Kepada penyuluh harus berdasar kepada nilai-nilai ketawadu’an, berdasar pada hal responsif, yakni sangat peka terhadap persolan di masyarakat, kemudian pendekatannya kooperatif, yang kemuidan memberikan pencerahan kepada masyarakat,” ugkapnya.

Dia juga berharap, seluruh penyuluh yang baru menerima SK bisa memberikan pelayan yang baik kepada masyarakat, tentunya dengan terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

“Untuk meweujudkan masyarakat Pamekasan yang hebat tentu saja yang bermartabat,” pungkasnya. (rul/waw)

Komentar

News Feed