Dinamai Abuya, Rumah Sakit Kepulauan Sumenep Undang Kontroversi

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) DIRESMIKAN: Rumah Sakit (RS) Abuya di Kepulauan Kabupaten Sumenep mulai mengandung kontroversi di Kalangan masyarakat.

KABARMADURA.ID, Sumenep –Dinamika peresmian dan penamaan rumah sakit (RS) di kepulauan kian santer menjadi bahan perbincangan di media. Komisi IV DPRD Sumenep mulai angkat bicara dan merespon RS yang diberi nama Abuya.

Bahkan peresmian itu beberapa bulan lalu dinilai canggung oleh sejumlah kalangan masyarakat. Mulai dari peresmian janggal lantaran masih banyak sarana yang belum tuntas diselesaikan.

Bacaan Lainnya

Termasuk persoalan nama Abuya, melanggar Permenkes Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Dalam permenkes ditegaskan, pemberian nama RS dilarang menggunakan nama orang yang masih hidup.

Tapi harus memperhatikan nilai, moral agama, sosial budaya dan etika. Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Sumenep Roza Ardi Kautsar mengatakan, untuk peresmian sudah sepantasnya masyarakat kepulauan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Memang sudah ramai diperbincangkan di berbagai media terkait peresmian yang mendadak, tapi dari segi penilaian kalau sudah diresmikan berarti sudah sesuai, sehingga untuk sementara diberikan kesempatan terlebih dahulu,” katanya, Minggu (25/10/2020).

Salah satu pertimbangan politisi Nasdem itu menjelaskan persoalan pelayanan kesehatan untuk masyarakat kepulauan tidak bisa ditawar lagi. Namun untuk memantau secara langsung atau melakukan inspeksi mendadak (sidak) masih belum dijadwalkan.

Termasuk penamaan yang juga dinilai kontroversi, pihaknya menyampaikan, memang tidak mudah memberikan keseragaman terhadap pemahaman masyarakat. Sebab yang menjadi pertimbangannya adalagh kualitas pelayanan.

“Misalnya seperti kekurangan fasilitas memang bisa dilengkapi sambil lalu pelayanan berjalan. Itu kan persoalan teknis, kalau sidak pasti dijadwalkan, dikondisikan ketika tidak ombak,” imbuhnya. (ara/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *