oleh

Dinas Koperasi dan UMKM Pamekasan Akui Target Pengajuan Bantuan Belum Tercapai

Kabarmadura.id/Pamekasan–Program bantuan modal usaha sebesar Rp2.5 juta bagi para pelaku usaha kecil di Kabupaten Pamekasan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN) hingga saat ini terus berlanjut.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pamekasan Abdul Fata mengaku berdasar pada data dari badan pusat statistik (BPS) Kabupaten Pamekasan memiliki total 240 ribu UMKM.

Namun, hingga saat ini masih mengusulkan sebanyak 53 ribu UMKM untuk mendapatkan bantuan program PEN. Jumlah tersebut diakuinya belum mencapai target. Sebab pihaknya menargetkan ada sebanyak 78 ribu usaha kecil yang akan diusulkan mendapatkan bantuan.

“Kalau target kami 78 ribu. Tapi bertahap, kami harap semuanya bisa memperoleh bantuan,” ucapnya.

Fata menjelaskan, proses pencairan bantuan tersebut tidak mudah, harus melalui beberapa verifikasi. Untuk tahap pertama usulan sebanyak 7 ribu UMKM. Namun yang terverifikasi hanya sekitar 6 ribu.

Dari 6 ribu UMKM yang terverifikasi, hanya 3 ribu yang diproyeksikan bisa mencairkan bantuan PEN. Menurutnya, hingga saat ini, hanya ada sekitar 2 ribu pelaku usaha yang sudah dicairkan bantuannya.

Fata menyebutkan, untuk sisa data yang lain, masih menunggu proses. Sebab proses verifikasi membutuhkan waktu yang relatif lama. “Prosesnya panjang, harus dilakukan verifikasi agak lama, jadi butuh proses,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Ismail A Rahim meminta pemerintah untuk memastikan akurasi data yang diajukan. Sebab, program PEN rentan terjadi salah sasaran.

Dia berharap, bantuan UMKM bisa bermanfaat untuk meningkatkan dan membangkitan kembali ekonomi nasional dan ekonomi daerah Kabupaten Pamekasan. Sebab bantuan tersebut tidak sedikit.

“Harus tepat sasaran. Karena bantuan ini tidak sedikit, sehingga para pelaku UMKM bisa terbantu dan semakin bangkit,” tukasnya. (ali/ito/waw)

Komentar

News Feed