oleh

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep Alihkan Pendaftaran BPUM ke Lintas Camat

KABARMADURA.ID, Sumenep –Pendaftaran bantuan presiden (Banpres) atau banpres produktif usaha mikro (BPUM) kembali dibuka, setelah ditutup sementara beberapa waktu lalu.  Saat ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, masih mencari solusi agar warga tidak lagi berkerumun ketika melakukan pendaftaran. Hal ini diungkapkan, Kadis Koperasi dan Usaha Mikro, Sumenep Sustono, Minggu (01/11/2020).

Menurutnya sudah melakukan rapat bersama stakeholder, berkaitan dengan pendaftaran. Hasilnya, pembukaan pendaftaran disepakati pada tanggal  2 November 2020 dengan kesepakatan lokasi pendaftaran di kecamatan masing-masing.  “Sesuai arahan bupati akan dibuka kembali yang tempatnya di masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk oknum yang bertugas dan teknis serta lainnya diserahkan pada setiap camat. “Batasan petugas di masing-masing kecamatan tidak ditentukan. Tergantung penunjukan camat entah mau ambil 2 atau 4 terserah yang penting tidak berkerumun,” jelasnya.

Langkah tersebut merupakan hasil rapat bersama, dalam rangka menjaga keselamatan jiwa, terlebih masyarakat awam. “ Ya, kemarin tempatnya ada di kantor dinas koperasi, karena banyak masyarakat berkerumun maka dipindah atas arahan bupati sumenep,” tegasnya.

Menurutnya, untuk mekanismenya sama seperti pendaftaran sebelumnya, persyaratan pun tetap mengacu pada pendaftaran sebelumnya. Yakni, meminta tanda tangan kepala desa (kades) setempat mengenai usaha dan disertai kartu tanda penduduk (KTP).

“Pendaftaran masih dibuka hingga 26 November 2020 mendatang dan bagi yang lolos akan mendapatkan dana senilai Rp2,4 Juta,” tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim memanggil Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk menutup sementara dan dan melakukan pendaftaran di masing-masing Kecamatan. Alasannya, khawatir membahayakan jiwa. Sebab, di masa Covid-19 masih belum masuk zona hijau.

“Jika dibiarkan maka akan berakibat fatal. ini tugas Dinas Koperasi dan UMKM harus dilakukan pencegahan,” paparnya. (imd/ito)

 

Komentar

News Feed