oleh

Dinas Koprasi Gelar Pelatihan Kerja Bidang Kemasan

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sumenep mengadakan pembinaan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat di bidang kemasan selama dua hari, Selasa-Kamis (12-14/3).

Pelatihan ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan penghasilan para pengusaha. Kemasan yang menarik akan semakin memikat hati konsumen.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep Imam Trisnohadi pada pembukaan acara. Selain meningkatkan produksi para pengusaha juga perlu meningkatkan kemasan dari produk yang dihasilkan, tentunya akan lebih maksimal produk yang sudah memiliki kemasan bagus.

“Kami harapkan melalui pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat semakin meningkatkan usahanya,” jelas Imam, Selasa (12/3).

Dalam pelatihan tersebut dibina langsung oleh pakarnya yang didatangkan dari Kota Surabaya Lukman Ekana Putra. Setidaknya, Lukman menawarkan beberapa usaha yang relatif mudah dijalankan dan memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan.

Usaha yang diperkenalkan oleh Lukman antara lain cetak sablon, cetak offset, cetak digital, dan gravure printing. tidak hanya mengajukan keuntungan dan bagaimana cara menjalankannya, dia juga memberikan pertimbangahan kelebihan dan kekurangan usaha-usaha tersebut.

”Kelebihan dari cetak sablon adalah mudah, murah, dan fleksibel. Sedangkan kekurangannya adalah tidak konsisten dan lambat. Untuk kelebihan cetak offset adalah cepat dan konsisten. Akan tetapi kekurangannya adalah rumit, membutuhkan investasi besar, media cetak terbatas tidak seperti sablon,” tandasnya. (mad/rei)

Komentar

News Feed