Dinas Lingkungan Hidup Harumkan Sampang di Tingkat Jatim

  • Whatsapp
(FOTO: IST FOR KM) MEMBANGGAKAN: DLH Sampang harumkan Kabupaten Sampang di tingkat Provinsi Jatim, Sukses meraih penghargaan sekolah adiwiyata provinsi dan Desa Berseri pratama.

KABARMADURA.ID | SAMPANG- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang berhasil membawa nama baik Kabupaten Sampang pada tingkat Provinsi Jawa Timur (Prov. Jatim). Sebab, penghargaan Adiwiyata Provinsi Jatim berhasil diraih SDN Batorsang 4 Kecamatan Tambelangan.

Sampang juga meraih penghargaan Desa Berseri Pratama Jatim. Penghargaan itu diraih Desa Jrangoan, Kecamatan Omben dan Kelurahan Karang Dalam, Kecamatan Sampang.

Bacaan Lainnya

Kepala DLH Sampang A. Faisol Ansori menuturkan, untuk saat ini, sekolah adiwiyata yang lolos verifikasi dari Provinsi Jatim adalah SDN Batorasang 4 Tambelangan. Namun untuk ke depannya, akan diusulkan lebih banyak lagi sekolah-sekolah yang berpotensi.

Pada tahun selanjutnya ditargetkan tidak hanya satu sekolah yang bisa lolao Adiwiyata Jatim, tetapi bisa lebih. Pihaknya berjanji akan terus menjaring dan menilai sejumlah sekolah dan desa yang berpotensi untuk diusulkan pada jenjang provinsi dan nasional tersebut.

“Untuk SDN Batorasang IV yang lolos Adiwiyata Jatim tahun ini, maka pada tahun depan kami usulkan adiwiyata pada jenjang nasional,” tutur Faisol, Rabu (1/12/2021).

Dirinya menguraikan, keberhasilan sekolah Adiwiyata Jatim dan Desa Berseri Pratama itu, karena adanya kerja sama dan komitmen dari semua pihak terkait, baik dari pihak pengelola sekolah ataupun kelurahan dan desa beserta jajarannya dan dukungan dari pemerintah daerah serta masyarakat secara umum.

“Kunci keberhasilan ini semua adanya niat yang sama, kerja sama dan dukungan dari semua pihak, untuk sekolah terkait upaya penanaman tentang berperilaku lingkungan dapat diterapkan maksimal dan masyarakat diajak untuk berperilaku mencintai lingkungan, menjaga kebersihan, menghemat energi dan lain semacamnya,” ulasnya.

Untuk itu, dirinya berharap, lembaga sekolah yang lolos penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi itu, bisa naik tingkat pada jenjang nasional, dan bisa memunculkan sekolah-sekolah yang lain, baik Adiwiyata maupun Desa Berseri Pratama pada tingkat Provinsi Jatim.

“Tentu kami harap, pencapaian Adiwiyata dan Desa Berseri Pratama tingkat provinsi ini tidak berhenti sampai di sini saja, namun tetap berperilaku sesuai kaidah-kaidah lingkungan yang tetap diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Reporter: M. Subhan

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *