oleh

Dinas Lingkungan Hidup Sampang Komitmen Wujudkan Lingkungan Berseri

Kabarmadura.id/SAMPANG-Guna wujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan lestari (Berseri), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang pengelolaan lingkungan modern yang bertemakan ‘Bank Sampah Menjadi Solusi Cerdas Terhadap Lingkungan Modern” di aula DLH Sampang sejak Rabu, (13/3).

Pelaksaan bimtek tersebut, diikuti oleh kader lingkungan, pengurus karang taruna dan perwakilan sejumlah pemerintah desa/kelurahan di Kota Bahari. Adapun pemateri yang mengisi bimtek itu, meliputi direktur Bank Sampah Malang (BSM) dan sebagainya. kegiatan itu bertujuan untuk memasyarakatkan bank sampah dalam menciptakan lingkungan yang berseri.

Kepala Bidang (Kabid) Konservasi, Rehabilitasi Lingkungan dan Pertamanan DLH Sampang Imam Irawan menuturkan, bimtek bagi masyarakat dan kader lingkungan untuk pengelolaan sampah sebagai usaha untuk mewujudkan kondisi lingkungan hidup yang lebih baik. Harapannya semua lingkungan di wilayah Sampang menjadi berseri.

“Melalui bimtek ini, diharapkan masyarakat memiliki skill dan pengetahuan untuk mengelola sampah yang berimplikasi dalam mereduksi timbunan sampah,” tutur Imam Irawan kepada kabar Madura, Kamis (14/3).

Di sisi lain, pihaknya berharap keberadaan bank sampah dapat dikenal oleh masyarakat luas dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan lingkungan yang berseri. Dengan digalakkannya bank sampah tersebut, tidak hanya menjadi solusi kebersihan lingkungan namun dapat dimanfaatkan menjadi sebuah nilai ekonomis.

“Kami galakkan bank sampah sebagai solusi yang aman dan cerdas terhadap perbaikan kondisi lingkungan yang modern,”jelasnya.

Lebih lanjut, Irawan menegaskan, kehadiran bank sampah di Sampang merupakan salah satu indikator keberadaan desa/kelurahan yang berseri, maka ke depananya desa/kelurahan berseri sebagai solusi penanganan kebersihan lingkungan yang baik.

“Para kader lingkungan dan masyarakat yang mengikuti bimtek selama dua hari ini, harus bisa menerapkan semua pengetahuan yang di dapat, sehingga bisa dicontoh oleh warga yang lain, maka semua lingkungan menjadi berseri,”tukasnya. (sub/mam/waw)

Komentar

News Feed