oleh

Dinas Perhubungan Sampang Anggarkan Rp100 Juta untuk Lampu Penerangan Jalan

Kabarmadura.id/SAMPANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang menyebut, tahun ini program penggantian lampu led pada sejumlah penerangan jalan umum (PJU) hanya difokuskan di empat lokasi di wilayah perkotaan Sampang. Pasalnya anggaran yang tersedia diklaim sangat terbatas.

”Program lampu LED PJU kali ini sebanyak 50 titik dengan pagu anggaran Rp100 juta yang tersebar di Jalan Wahid Hasyim, Jalan Jaksa Agung, Jalan Trunojoyo dan Jalan Syamsul Arifin,” kata Kepala Seksi (Kasi) Teknis Sarana dan Prasarana (TSP) Jalan Dishub Sampang Syahroni, Kemarin (15/4).

Ia menjelaskan, program penggantian lampu led PJU bertujuan mengurangi biaya untuk pembayar tagihan listrik PJU di Kota Bahari. Penerangan jalan dengan menggunakan lampu led diakui sangat efisien, hemat dan simpel serta lebih irit dalam pemakaian listrik. Sehingga tagihan PJU di Sampang diharapkan menurun.

Kata Roni, setiap tahun, rata-rata tagihan PJU di wilayah itu mencapai Rp7 miliar lebih. Untuk itu perlu disiasati dengan program penggantian lampe led PJU yang terpasang di berbagai titik, utamanya di wilayah perkotaan. Selain pencahayaan lampu lebih terang, beban tagihan listrik otomatis bisa berkurang, karena lampu Led itu, jauh lebih irit dan hemat listrik dibandingkan lampu PJU sebelumnya.

”Keunggulan PJU yang menggunakan lampu led ini, tagihan listriknya lebih murah dan pencahayaan lebih maksimal,”ungkapnya.

Dengan demikian, Pihaknya berjanji akan memaksimalkan penggantian lampu led PJU di berbagai wilayah. Namun upaya itu, harus dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan anggaran. Sebab selain menggalakkan program penggantian lampu led sejumlah PJU, Dishub Sampang juga melakukan pemasangan PJU baru di tujuh lokasi sebanyak 100 titik dengan menelan anggaran Rp2 miliar yang bersumber dari pagu indikatif kewilayahan (PIK) tahun 2019.

Rencana pemasangan PJU baru tersebut, tersebar di Kecamatan Omben sebanyak 25 titik, Kecamatan Jrengek 3 titik, Kecamatan Kedungdung 20 titik, Kacamatan Torjun 23 titik, Kecamatan Sokobanah 10 titik, Kecamatan Banyuates 14 titik, dan Kecamatan Camplong 5 titik. Setiap lokasi pemasangan PJU itu dianggarkan senilai Rp100-300 juta.

”Selain meningkatkan kualitas PJU dengan menggunakan lampu led, kami terus melakukan pemerataan PJU di semua wilayah, dengan tujuan menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di jalan,”tukasnya. (sub/pai)

Komentar

News Feed