oleh

Dindik Jatim: EHB-BKS Bakal Diterapkan di SMA

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Evaluasi hasil belajar berbasis komputer smartphone (EHB-BKS) bakal diterapkan di semua jenjang sekolah sekolah menengah atas (SMA) negeri maupun swasta. Penerapan itu saat ini masih dalam tahap sosialisasi kepada sekolah.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep Syamsul Arifin mengatakan, dasar dilakukan EHB-BKS berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pada Pasal 57 hingga 89 tentang Evaluasi Pendidikan.

Tujuannya akan dilakukan EHB-BKS dalam rangka mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan. Pihaknya saat ini sudah mensosialisasikan terhadap seluruh kepala sekolah serta bagian kurikulum. “Alhamdulillah menyatakan siap,” ucapnya.

Menurutnya, hal terpenting yakni, dari teknisi, jaringan, perangkat komputer terlebih kesiapan siswa. Untuk pelajaran Kegiatan ini hanya Jawa Timur yang akan melaksanakan. Alasannya, untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Harapannya, di Sumenep nantinya lebih bagus dalam bidang pendidikan,” paparnya.

Menurutnya, EHB-BKS sebagai penentu kelulusan di SMA negeri dan swasta. Standar penilaian ini diselenggarakan oleh sekolah berdasarkan arahan Disdik Jatim, dalam bentuk ujian yang digelar tiga sesi per hari secara daring di sekolah maupun di rumah.

“Mengutip pedoman teknis dari Disdik Jatim, EHBS-BKS di sekolah harus memastikan penerapan protokol kesehatan dan dilakukan dengan jumlah siswa maksimal sepertiga dari kapasitas kelas. Paling banyak satu ruangan diisi 12 peserta,” ucapnya.

Sementara pelaksanaan ujian daring di rumah dilakukan menggunakan komputer atau smartphone melalui aplikasi google meet, zoom dan sejenisnya dengan pengawasan dari panitia.

“Kami berharap pelaksanaannya tidak ada kendala,” pungkasnya.

Diketahui, ada 84 sekolah SMA swasta dan negeri. Rincian SMA Negeri sebanyak 12 sekokah, SMA swasta ada 72 sekolah. (imd/mam)

 

Komentar

News Feed