oleh

Dinkes Bangkalan Diminta Segera Realisasikan Dana Pemeliharaan Puskesmas

KABARMADUR.ID, Bangkalan – Anggaran pemeliharaan Rp600 juta untuk pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) mendapat perhatian dari legislatif. Dana tersebut diminta segera direalisasikan, hal itu dikarenakan dalam waktu sudah tutup anggaran. Selain itu penggunaan dana pemeliharaan tersebut diharapkan sesuai peruntukan dan petunjuk junkis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sudiyo mengatakan, pemeliharaan puskesmas berupa perbaikan ringan seperti pengecatan dan perbaikan plafon, serta menunjang kinerja pegawai dan kenyamanan pengunjung. Dia memperkirakan setiap puskesmas akan mendapatkan anggaran Rp100 juta.

“itu evaluasi APBD perubahan 2020, ada Rp 600 juta untuk pemeliharaan,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bahwa pengerjaan fisiknya akan dimulai pada akhir tahun ini. Adapun ada enam puskesmas yang mendapatkan dana pemeliharaan tersebut, yakni Kecamatan Kamal, Geger, Arosbaya, Tanah Merah, Sukolilo dan Klampis. Sesuai jadwal, pemeliharaan harus rampung pada akhir Desember.

“Enam lokus ini masih tahap persiapan pelaksanaan. Harapan kami segera dilakukan kegiatannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan mengatakan, pemeliharaan 6 puskesmas masih tahapan perencanaan. Sebab, hingga sekarang kegiatan tersebut belum dilaksanakan. Maka, dia meminta pada Dinkes Bangkalan secepatnya bisa dilaksanakan agar layanan kesehatan bisa maksimal.

“Kalau bisa minggu depan sudah bisa dilakukan pemeliharaan,” tandasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed