Dinkes Bangkalan Mulai Suntikkan Vaksin Moderna ke Masyarakat Umum

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) TAKUT DISUNTIK: Kehabisan stok vaksin Sinovac dan Astrazeneca membuat vaksin moderna yang sebelumnya untuk nakes, kini bisa disuntikkan ke masyarakat umum.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Jumlah vaksin di Bangkalan dalam beberapa hari terakhir memang mengalami kehabisan stok. Khususnya vaksin Sinovac. Kondisi itu membuat vaksin Moderna yang sebelumnya dikhususkan untuk para tenaga kesehatan (nakes) harus disalurkan untuk kebutuhan vaksinasi masyarakat umum.

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi target vaksinasi yang saat ini masih 11 persen dari total target sebanyak 785.123 warga Bangkalan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo menyampaikan, karena stok vaksin Moderna yang banyak, maka pihaknya memperbolehkan untuk diberikan pada masyarakat umum. Hal tersebut juga mengacu pada juknis baru yang memperbolehkan untuk masyarakat umum dengan kriteria usia di atas 18 tahun.

“Awalnya memang untuk nakes, tapi karena stok banyak dan muncul aturan baru. Maka kami berikan pada masyarakat umum juga,” tuturnya saat ditemui di kantor Pemkab Bangkalan, Selasa (24/8/2021).

Vaksin moderna ini, Bangkalan mendapat kiriman sebanyak sekitar 38 ribu dari Dinkes Provinsi Jawa Timur. Sedangkan stok vaksin di Bangkalan sebenarnya sekitar 42 ribu dosis. Di mana vaksin Astrazeneca dan Sinofarm masing-masing sebanyak sekitar 1.100.

“Realisasinya, vaksin moderna ini sekarang ini yang tersisa 32 ribuan dosis. Vaksin sinovac kami nol-kan untuk saat ini. Sebab, vaksin kedua dari target 785 ribuan orang masih 6 persen,” paparnya menjelaskan ketersediaan stok vaksin.

Hari ini, kembali kedatangan vaksin astrazeneca sekitar 3.800 dosis. Kedatangan vaksin itu sebenarnya dalam kurun dua sampai tiga hari sudah datang. Namun, vaksin yang didropping tersebut tidak banyak.

“Jadi untuk vaksin pelajar di bawah 18 tahun masih nunggu vaksin Sinovac datang lagi,” tukasnya. (ina/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *