oleh

Dinkes Bangkalan Ngotot Gelar Vaksinasi Tahap II

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Vaksinasi tahap II mulai dilakukan di Pendopo Bupati Bangkalan. Kegiatan itu tetap dilakukan meski vaksinasi tahap I belum 100 persen selesai. Padahal pada pelaksanaan vaksinasi tahap II ini harus selesai sepenuhnya. Pada suntik vaksin II ini juga tidak dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Mohammad Fahad. Rabu, (10/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo menyampaikan, ada 11 forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) yang  akan divaksin. Tetapi, untuk Ketua DPRD Bangkalan akan menyusul vaksin II karena masih di luar kota. Lelaki yang kerap disapa Yoyo ini menjelaskan, pada suntik vaksin II dosis yang dipakai masih sama dengan vaksin I.

“Dosisnya masih sama dengan vaksin I, jadi tetap vaksinnya Sianovac sama seperti vaksin II,” ujarnya.

Lanjut dia, dari segi khasiat vaksin I dan vaksin II tidak jauh berbeda. Sebenarnya, dia menjelaskan, suntik vaksin ini diberikan lagi agar lebih berkhasiat lagi terhadap menangkal wabah Covid-19. Dia mengibaratkan, jika seseorang makan pada pagi hari, siang hari harus makan lagi agar lebih kenyang.

“Ibaratnya seperti itu, jadi gini kekebalan tubuh terbentuk jika vaksin diberikan lagi untuk menguatkan antibodi tambahan,” jelasnya.

Dimana untuk menguatkan itu perlu adanya vaksin kembali. Yoyok menyampaikan, usai vaksin II ini reaksi kekebalan pada imun akan lebih berfungsi. Sedangkan, untuk tenaga kesehatan (nakes) suntik vaksin II serentak akan dilakukan hari ini, Kamis (11/2/2021).

“Bertahap nanti vaksin II karena pada vaksinasi I masih 88,6 persen yang divaksin,” terangnya.

Pihaknya mengaku, hari ini akan segera merampungkan proses vaksin I pada nakes. Mulai dari dokter, dokter klinik swasta dan mandiri, apoteker kemudian bidan praktik mandiri dan laboratorium.

“Sudah kami sentralisasi sekarang di Dinkes, totalnya sekitar ada 100 orang lebih,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron menyampaikan, usai divaksin I dia tidak merasakan gejala apapun selama 14 hari menuju vaksin II. Untuk itu, dia meminta, kepada masyarakat untuk tidak takut divaksin.

“Kami Forkopimda sudah vaksin II dan masih sehat,” tandasnya.

Diketahui, alokasi vaksin yang datang di Bangkalan sebanyak 6.320 vial pada tahap I dengan sasaran 3.160 orang. Sampai tanggal 9 Februari nakes yang sudah tervaksin 2.084 orang atau 88,7 persen. Ditunda ada 6 orang dan batal 1.045 orang karena komorbid, positif Covid-19 dan lainnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed