Dinkes Bangkalan Peringati Hari Kesehatan ke-55

  • Whatsapp
KM/FA'IN NADOFATUL M. PEMERIKSAAN: Salah satu acara peringatan hari kesehatan dunia melakukan pengobatan gratis pada masyarakat Bangkalan

Kabarmadura.id/Bangkalan– Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Dunia ke-55, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan melakukan serangkaian kegiatan. Antara lain, upacara dan pengobatan gratis kepada masyarakat. Acara tersebut bertempat di Pendopo Pemkab Bangkalan, Selasa (12/11).

Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron beserta jajaran dan forkopimda hadir secara langsung. Selain itu, hadir pula kapolres Bangkalan dan Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Nur Hasan. Hadir pula sejumlah pejabat RSUD Syamrabu dan kepala dinas.

Menurut Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron,kegiatan ini diharapkan mampu mendorong pusat layanan kesehatan untuk menjadi layanan dengan taraf yang lebih baik.

Ra Latif (sapaan akrabnya) mengungkapkan, pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945, telah mencapai hasil yang menggembirakan, yaitu meningkatnya indeks pembangunan kesehatan (IPM) masyarakat tahun 2018.

”Bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir ini, antara lain menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian nasional,” ujar Ra Latif.

Ia menambahkan, strategi pembangunan kesehatan di Bangkalan dibangun melalui tiga pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, program gerakan masyarakat hidup sehat (germas), program nusantara sehat (Ns) dan JKN.

“Bersama seluruh komponen kesehatan, baik lintas program maupun lintas sektor dengan beragam tantangan dan rintangan, telah berhasil menyelesaikan masalah masalah kesehatan, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat,” tambahnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudibyo menerangkan, dengan Hari Kesehatan  ke-55,  diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat Bangkalan.

“Program-program akan lebih kita maksimalkan yakni program preventif dan promotif. Sebagai bentuk komitmen kami dalam menyembuhkan dan menyehatkan masyarakat,” katanya.

Acara tersebut mengambil tema Generasi Sehat Indonesia Unggul. Tema tersebut diadopsi dari Indonesia Sehat dengan pola Keluarga Sehat.

“Pola pendekatan keluarga ini yang nantinya akan kita maksimalkan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Di mana kita jemput bola, jadi petugas kami yang akan datang ke sana,” tukasnya. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *