Dinkes Bangkalan Rencanakan Rehab dan Realokasi Puskesmas

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Tahun ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan akan mengajukan rehab dan relokasi puskesmas. Sedangkan untuk realisasinya, kemungkinan di tahun 2023 mendatang. Sebab untuk tahun ini tidak ada anggaran. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo, Rabu (12/5/2022).

Menurutnya, salah satu puskesmas yang akan diajukan realokasi yakni, Puskesmas Bangkalan dan Puskesmas Kedungdung. Namun hingga saat ini belum jelas sumber pendanaannya. Akan tetapi, rencana pengajuan sudah pasti berupa satu rehab dan dua relokasi puskesmas.

“Realokasi Puskesmas Bangkalan rencananya akan ada di sekitar Stadion Karapan Sapi Moh. Noer (SKEP). Sehingga tidak lagi berada di gedung lama. Kami sudah memperoleh tempat di sekitar SKEP, disana nanti rencananya. Untuk rehabnya di Puskesmas Sukolilo,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala Puskesmas Bangkalan Dr. Wiwid Mayasari mengaku, beberapa kayu di atas atap sudah rapuh. Walaupun dilakukan perbaikan, sangat tidak memungkinkan. “Setiap tahun kami sudah lakukan perbaikan, karena bangunan puskesmas sudah lama,” katanya.

Selain rapuh, lokasi puskesmas tersebut sudah tidak strategis. Sebab tidak dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir. Sehingga terpaksa diparkir di tepi jalan umum. Kondisi itu cukup mengakibatkan kemacetan. “Jadi gedung puskesmas memang layak direlokasi,” tegasnya.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.