Dinkes Kewalahan Tingkatkan AHH

  • Whatsapp
KRISIS: Kabupaten Sampang menjadi salah satu daerah yang masuk dalam daftar krisis dokter spesialis.

Kabarmadura.id/SAMPANG-Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang menyebut angka harapan hidup (AHH) masyarakat di wilayah itu relatif masih rendah. Sebab, setiap tahun peningkatan AHH hanya berkutat di angka satu digit. Pada tahun 2016 AHH sampang tercatat 67.62, setahun berikutnya berada di kisaran angka 67.67, hanya meningkat 0,5 dikit.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes Sampang Agus Mulyadi mengakui, upaya peningkatan AHH masyarakat itu sangat sulit. Penghambat peningkatan AHH di Kota Bahari multifactor; tidak hanya  faktor kesehatan warga yang relative rendah, akan tetapi sangat dipengaruhi dengan ketersedian sarana prasana yang memadai, seperti akses jalan yang memadai, fasilitas ekonomi dan penunjang masyarakat lainnya serta didukung dengan pola hidup masyarakat yang lebih baik.

”Sangat sulit sekali meningkatkan AHH. Karena faktornya banyak dan harus ada komitmen yang kuat dari semua sektor dan pihak-pihak terkait,” kata Agus Mulyadi, Senin (11/3).

Peningkatan AHH di Sampang, diakuinya lebih baik jika dibanding dengan daerah dan  kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur. Peningkatan AHH beberapa dekade terakhir relatif sudah tergolong tinggi dan cepat. Bahkan, pernah melebihi angka 1,3 digit dalam setahun.

”Sangat jarang sekali peningkatan AHH mencapai angka satu. Rata-rata di kabupaten lain hanya di kisaran 0,5 digit pertahun. Tapi, Sampang pernah meningakat mencapai 1,3 digit,” kelitnya.

Untuk itu, pria asal Sumenep itu berjanji terus mendorong peningkatan AHH dengan menguatkan komitmen bersama lintas sektor dan elemin masyarakat, seperti Dinas PUPR, DPRK dapat menyediakan akses jalan yang bagus dan instansi terkait lainnya.

Pihaknya berharap, dengan kepemimpinan bupati yang baru ini, komitmen lintas sektor lebih kuat, karena indikator AHH tersebut diklaim bukan indikator bagian kesehatan, akan tetapi indikator Pemkab Sampang. Sedangkan pengampunya Dinkes Sampang.

”Kami harap semua sektor dan elemin masyarakat bisa meningkatkan komitmen, sehingga AHH terus bisa ditingkatkan lebih maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sampang Maniri meminta Dinkes Sampang lebih serius dalam menjalankan program yang berkaitan dengan peningkatan AHH. Sebab, itu sangat penting sekali demi skemajuan suata daerah dan menjadi parameter keberhasilan program yang dijalankan oleh pemerintah.

Politikus partai PKB itu menilai komitmen dan koordinasi semua OPD terkait dalam meningkat AHH masyarakat sampang relatif lemah, sehingga perlu terus ditingkatkan. Dengan demikian, AHH masyarakat bisa terus meningkat dan dapat mencerminkan keberhasilan pemkab.

”Kami berharap komitmen dari semua sektor dan elemin masyarakat ini harus terus ditingkatkan. Itu semua sangat penting,” tukasnya. (sub/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *