oleh

Dinkes Pastikan Verval BPID Rampung Pekan Ini

Kabarmadura.id/Bangkalan– Target Verifikasi Validasi (Verval) data Bantuan Penerima Iuran Daerah (BPID) harus selesai hari ini, Senin (17/2). Hal tersebut berdasarkan kesepakatan antara Kepala Puskesmas (Kapus) dengan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan bersama Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinkes Bangkalan Sudibyo mengatakan, ia meyakini, hasil verval tersebut selesai hari ini dan bisa diketahui jumlah penyusutannya. Sebab, berdasarkan hasil verval pada hari Kamis, (14/2) kemarin. Verval telah berjalan 80 persen. Hal itulah yang membuat ia yakin, hari ini (Senin, red) semua Kapus telah usai melakukan verval.

“Target saya minggu ini sudah selesai semua, karena kemarin (Kamis, red) sudah 80 persen proses vervalnya,” terangnya.

Sedangkan penerima BPID yang akan diverval yakni sebanyak 101.592 jiwa. Dimana proses verval dilakukan oleh kapus se-Bangkalan dan bidan desa. Klasifikasi verval ini sendiri, lelaki yang kerap disapa Yoyok tidak hanya berdasarkan prosedur Kemensos. Melainkan, penduduk yang sudah meninggal, pindah dan kesejahteraannya naik.

“Sekitar 300 bidan yang kita punya, sedangkan ketika di lapangan tidak ada bidan yang diancam. Hanya saja tidak diberikan fasilitasi untuk melakukan verval. Tp sudah clear,” paparnya.

Proses verval BPID yang sudah mencapai 100 persen sendiri yakni ada di Kecamatan Kamal, Arosbaya. Sementara, kecamatan lainnya masih sekitar 50 hingga 80 persen. Namun, ia meyakini hari ini proses verval telah selesai.

“Sudah saya absen satu-saru progres vervalnya. Yakin bisa selesai minggu ini,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Dinkes Erni Mardiana. Ia juga meyakini bahwa hasil verval akan diketahui hari ini, senin. “Insyaallah sudah 100 persen. Komitmen teman-teman kapus tanggal 17 Februari 2020 tepatnya hari Senin (hari ini, red) hasil verval harus disetor ke Dinkes,” ujarnya.

Jika hari ini belum selesai melakukan verval, apakah ada tambahan waktu atau tidak? Erni menyampaikan, belum bisa memastikan hal tersebut. Sebab, belum ada koordinasi dari pimpinan Dinkes Bangkalan. Dirinya hanya berharap, verval ini tidak meleset dari jadwal yang telah ditentukan.

“Naaah terkait kendala kami belum dapat konfirmasi dari kapus,” tandasnya. (ina/pai)

Komentar

News Feed