oleh

Dinkes Sampang Komitmen Entaskan Persoalan Kurang Gizi

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang bersama Ibu Bupati Sampang Hj. Mimin Hariyati Slamet Junaidi, melakukan kunjungan ke rumah warga yang menderita kurang gizi di Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Rabu (15/1/2020) kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi menuturkan, kegiatan kunjungan itu merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian dari pemerintah daerah terhadap warga yang mempunyai masalah tentang gizi.

Kata dia, untuk bisa mengentaskan persoalan kurang gizi di wilayah itu, pihaknya harus melibatkan semua sektor. Kunjungan yang dilakukan oleh pihaknya itu,  merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait pangan. Sebab menurutnya, masalah kurang gizi merupakan dampak dari problem pangan, lingkungan masyarakat.

“Kami berkomitmen menyelesaikan persoalan pangan ini, makanya kami terus bersinergi dengan lintas sektor, dan aktif melakukan kunjungan,” tutur Agus Mulyadi kepada Kabar Madura.

Agus menceritakan, keluarga yang dikunjungi oleh pihaknya, merupakan keluarga dengan jumlah anak mencapai 10 orang. Dari 10 anak itu, anak yang paling kecil itu ada yang masih berusia enam bulan dan jaraknya terlalu dekat, sehingga ada masalah kekurangan gizi yang menimpa dua balitanya.

Melihat realitas itu, Agus mendorong pemerintah desa dan kepala puskesmas setempat, agar bisa memfasilitasi dan menginisiasi untuk menjalankan program 1.000 telur, yakni setiap keluarga bisa menyumbangkan 1 telur setiap pekan.

Nantinya telur yang terkumpul itu, dapat diberikan kepada para balita di desa tersebut, sehingga asupan gizinya bisa terpenuhi.

“Kami harap, kedepan tidak ada lagi balita-balita yang mengalami gizi kurang, maka tumbuh kembangnya dideteksi dengan benar, setiap bulan rutin datang ke posyandu, ASI eksklusif dijalankan hingga dua tahun dan menu gizi seimbang, serta lingkungan bersih dan sehat,” tutupnya. (sub/pin).

 

Komentar

News Feed