oleh

Dinkes Sampang Sukses Gelar Lomba Lansia Sehat

Kabarmadura.id/Sampang-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, menggelar lomba lanjut usia (lansia) sehat. Kegiatan itu bertujuan, agar para lansia di Kota Bahari, bisa hidup lebih semangat,  sehat dan mandiri. Sehingga para lansia menjadi lansia yang tetap aktif dan produktif.

Turut hadir dalam kegiatan itu, turut hadir Wakil Bupati Sampang (Wabup) H. Abdullah Hidayat, Ketua Komda Gerontologi Kabupaten Sampang, pejabat Dinkes setempat, dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah gerontologi serta para lansia peserta lomba se- Kabupaten Sampang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi menyampaikan, para peserta lomba itu, merupakan perwakilan dari masing-masing pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) bersama 5 lansia berusia 50 tahun ke atas yang sehat jasmani dan rohani.

Diungkapkannya, dalam kegiatan kegiatan lomba lansia yang digelar di Pendopo Wakil Bupati (Wabup) Sampang, Selasa (3/12/2019) itu, terdiri dari tiga jenis perlombaan, yakni senam lansia yang diikuti oleh semua puskesmas yang ada di Kota Bahari.

Kedua lomba, yel-yel lansia dengan tema “partisipasi lansia dalam mencegah stunting di Sampang”. Peserta lomba ini, adalah lansia binaan masing-masing puskesmas dengan usia 50 tahun ke atas. Ketiga, lomba vlog lansia dengan materi puskesmas santun lansia.

“Kegiatan ini menjadi momentum bagi para lansia untuk menyerukan kepada generasi muda bahwa menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga, sehingga pada saatnya nanti mampu menjadi lansia yang sehat, aktif, mandiri, dan produktif,” terangnya.

Agus melanjutkan, lansia sebenarnya dapat tetap produktif sebagai subyek yang berperan sebagai agen perubahan (agent of change) di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar dalam mewujudkan keluarga sehat, dengan memanfaatkan pengalaman yang sudah dimiliki dan diperkaya dengan pemberian pengetahuan kesehatan yang sesuai.

“Para lansia yang saat ini masih bisa melakukan senam dan yel yel menunjukkan bahwa mereka semua termasuk lansia yang sehat, aktif dan produktif,” ungkapnya.

Untuk itu kata Agus, para lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin. Salah satu upaya untuk memberdayakan lansia di masyarakat, yakni melalui pembentukan dan pembinaan kelompok lansia/posyandu lansia.

Dirinya optimis, melalui berbagai upaya tersebut, para lansia dapat melakukan kegiatan yang membuat mereka tetap aktif dalam menjaga kesehatannya.

“Kami harap para lansia tetap semangat, sehat dan mandiri, aktif mengikuti pembinaan dan posyandu, serta rutin memeriksakan diri, sehingga tetap menjadi lansia yang produktif dan dapat dicontoh oleh generasi muda,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat berpesan,  para lansia harus  benar-benar diperhatikan dan dihormati. Karena dari doa beliau semua, masyarakat bisa menjadi orang sukses dan dapat bermanfaat kepada sesama.

“Para lansia ini ibaratnya orang tua kita sendiri, maka harus mendapat perhatian, kita semua ini bisa mengambil banyak pelajaran dari pengalam beliau para lansia ini, utamanya yang tetap aktif dan produktif ini,” singkat pria yang akrab disapa Haji Ab itu. (sub/pin)

 

PEMENANG LOMBA LANSIA SEHAT
Lomba Senam Lansia Lomba Yel-Yel Lomba Vlog
1. Puskesmas Omben 1. Puskesmas Banyuanyar 1. Puskesmas Omben
2. Puskesmas Banyuanyar 2. Puskesmas Kamoning 2. Puskesmas Jrangoan
3. Puskesmas Kamoning 3. Puskesmas Banjar 3. Puskesmas Banyuanyar

 

Komentar

News Feed