oleh

Dinkes Sumenep Akui Bakal Kekurangan Vaksin

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Membludaknya  vaksinasi tahap II membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, bergerak cepat melaporkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Sebab, dalam vaksinasi tahap II bagi pelayan publik itu diprediksi akan kekurangan vaksin. Saat ini sisa vaksin sebanyak 677 vial. Sedangkan kebutuhan masih sangat banyak. Yakni lebih dari ketersedian vaksin yang ada.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumenep Kusmawati mengatakan, vaksin tahap kedua semakin banyak, untuk 677 vial masih kurang.

“Kita masih menunggu pengiriman dari Pemprov Jatim,” katanya, Selasa (16/03/2021).

Dia mengatakan, hingga saat ini belum mengetahui, kapan berakhirnya pelaksanaan vaksinasi. Sebab, saat ini masih banyak masyarakat publik yang tidak divaksin.

“Menunggu saja, bertahap akan dilakukan dan vaksin tentunya masih kurang banyak ,” paparnya.

Dijelaskan, Jumlah sasaran vaksin di antaranya, Klinik Polres Sumenep sebanyak 400, Puskeamas Nonggunong sebanyak 100, Arjasa sebayak 950, Rubaru, Masalembu 760, Batuputih 250, dan Puskemas Pasongsonga sebanyak 250 serta sasaran puskesmas lainnya.

“Kami akan segera mengajukan mangenai kekurangan vaksin nantinya,” ujarnya.

Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono menambahkan, jadwal penyelesaian vaksinasi masih belum dapat ditentukan. Pihaknya berusaha agar vaksinasi segera tahap II terselesaikan.

“Jumlah vaksin yang diterima adalah 1.760 vial, dan 1 vial itu untuk 10 dosis. Jadi pengiriman tahap kedua ini adalah untuk 17.600 vaksin,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Sumenep M. Syukri mengatakan, kebutuhan vaksin perlu diperjelas. Sebab, jika tidak ada keterbukaan jumlah yang akan divaksinasi maka akan memperlambat proses vaksinasi. Seharusnya dari awal sudah bisa mengantisipasi soal kebutuhan vaksin.

“Harusnya dari awal dinkes mengajukan data riil. Sehingga, tidak kebingungan di kemudian hari,” pungkasnya. (imd/mam)

Rekapitulasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Per tanggal 16 Maret

Jumlah

Sasaran: 10.080

Nakes Divaksinasi: 117

Pelayanan Publik Divaksinasi: 3.096

Tunda:18

Yang tidak diberikan:2

Sasaran Belum Vaksin: 6984

Alokasi Vaksin: 10080

Dipakai: 3096

Sisa: 6984

Alokasi (Vial):1008

Pemakaian (Vial):331

Sisa (Vial): 677

 

Komentar

News Feed