Dinkes Sumenep Akui Pelayanan Puskesmas Perlu Pembenahan Serius

(FOTO: KM/MOH RAZIN) LAYANAN: Dari sekian keberadaan puskesmas masih dikeluhkan dalam pelayanannya, bahkan tenaga kesehatan maupun lokasi yang masih dianggap tidak ideal.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Pelayanan kesehatan di sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) perlu pembenahan secara serius. Sebab, dari sekian keberadaan puskesmas masih dikeluhkan dalam pelayanannya, bahkan tenaga kesehatan maupun lokasi yang masih dianggap tidak ideal.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Moh. Nur Insan menjelaskan, rata-rata pelayanan di 30 puskesmas sudah terus dibenahi dari berbagai aspeknya. Pembenahan itu mulai dari sumber daya manusia (SDM) yang di dalamnya meliputi tenaga medis, apoteker dan beberapa unit lainnya. Namun, memang namanya layanan kesehatan pasti ada sisi kurangnya.

“Kadang ada satu dua layanan yang kurang lalu yang lain disamaratakan nilainya, buruk semua. Tetapi untuk layanan sudah disiapkan ,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Dikatakannya, secara barometer pelayanan yang maksimal sudah ada indikatornya, termasuk kategori baik atau tidak. Semua bisa diketahui saat pelaksanaan akreditasi.

“Kalau bicara pelayanan kesehatan ya seperti itu, apalagi tiap-tiap kecamatan ada kendala dan persoalan sendiri-sendiri. Diketahui nanti setelah akreditasi dilaksanakan, meski memang ada yang harus dibenahi,” imbuhnya.

Nur Insan melanjutkan, misal seperti Puskesmas Pandian yang idealnya harus dipindahkan ke tempat yang lebih strategis, terutama di sana kurangnya fasilitas parkir.

“Barangkali ada tanah pemerintah yang kosong di daerah kota bisa dilaporkan ke kami, biat nanti kami tindaklanjuti,” tukasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Tinggalkan Balasan